Ujian Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302
Soal Beserta Pembahasan Kunci Jawaban Pembelajaran Kelas Rangkap PDGK4302
1. Pembelajaran kelas
rangkap adalah bentuk pembelajaran yang mempersyaratkan seorang guru mengajar
dalam …
A. satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B. satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C. satu kelas dalam satu ruangan
D. tiga kelas dalam dua ruangan
A. satu ruang kelas atau lebih dan menghadapi dua atau lebih tingkat kelas yang berbeda
B. satu ruang kelas dengan kemampuan yang sama
C. satu kelas dalam satu ruangan
D. tiga kelas dalam dua ruangan
Jawab:
A. benar, kelas yang
diajar bisa lebih dari satu kelas dan dengan kemampuan anak yang berbeda
2. Alasan yang mendasar diselenggarakannya pembelajaran kelas rangkap dari
segi geografis adalah....
A. Jumlah guru berlebih
B. Jumlah penduduk yang padat.
C. pemukiman yang berpindah- pindah.
D. kehadiran guru yan kontinyu.
Jawab:
C. benar, penduduk berpindah- pindah sehingga anak kesulitan transportasi ke tempatnya belajar
A. Jumlah guru berlebih
B. Jumlah penduduk yang padat.
C. pemukiman yang berpindah- pindah.
D. kehadiran guru yan kontinyu.
Jawab:
C. benar, penduduk berpindah- pindah sehingga anak kesulitan transportasi ke tempatnya belajar
3. Pemanfaatan ruang yang terbatas dengan beberapa guru. Hal ini merupakan PKR
dari segi....
A. pedagogis.
B. kuantiti. |
C. ekonomi.
D. keamanan. |
Jawab:
C. benar, penghematan dari segi biaya yang harus ditanggung pemerintah dan masyarakat
C. benar, penghematan dari segi biaya yang harus ditanggung pemerintah dan masyarakat
4. Salah satu prinsip khusus pembelajaran kelas rangkap yang menuntut muridnya
mempunyai kemampuan berpikir dan mandiri adalah....
A. keserempakan kegiatan pembelajaran.
B. kadar tinggi waktu keaktifan akademik
C. kontak psikologis guru dan murid.
D. pemanfaatan sumber secara efisien.
A. keserempakan kegiatan pembelajaran.
B. kadar tinggi waktu keaktifan akademik
C. kontak psikologis guru dan murid.
D. pemanfaatan sumber secara efisien.
Jawab:
B. benar, semua murid
harus mempunyai kadar tinggi waktu keaktifan akademik
5. Bu Citra yang sedang mengajar kelas 3 dan kelas 4, menyuruh Santi murid
kelas 4 yang mempunyai kemampuan lebih tinggi dibanding temam- temannya untuk
membantu teman lainnya mengerjakan tugas. Tindakan yang dilakukan Santi
tersebut mencerminkan salah satu prinsip PKR yaitu....
A. kontak psikologis.
B. keserempakan kegiatan belajar.
C. waktu keaktifan akademik.
D. pemanfaatan sumber secara efisien.
A. kontak psikologis.
B. keserempakan kegiatan belajar.
C. waktu keaktifan akademik.
D. pemanfaatan sumber secara efisien.
Jawab:
D. benar, pemanfaatan
nara sumber
6. Bu Denta mengajar murid kelas 1 mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan dua
kelompok murid yang berbeda kemampuannya dalam satu ruangan. Satu kelompok
murid sudah dapat membaca sedangkan kelompok yang lain belum bisa membaca
dengan lancar. Dari ilustrasi di atas yang perlu diperhatikan guru sesuai
dengan prinsip PKR yang ideal adalah....
A. guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
B. mengisi waktu kosong.
C. guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.
D. terbatasnya dana yang dikeluarkan.
A. guru dapat meningkatkan kualitas pembelajarannya.
B. mengisi waktu kosong.
C. guru mendorong dan meningkatkan keikutsertaan seluruh siswa dalam belajar.
D. terbatasnya dana yang dikeluarkan.
Jawab:
C. benar, menggunakan
dengan baik keterampilan bertanya, memberi penguatan, mengadakan variasi,
menjelaskan dan mengajarkan kelompok kecil dan perorangan
7. Ciri- ciri model PKR 221 adalah....
A. dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
B. dua kelas, dua mata pelajaran, satu kelompok.
C. dua kelompok, dua mata pelajaran, satu kelas.
D. dua kelas, dua kemampuan, satu mata pelajaran.
A. dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan.
B. dua kelas, dua mata pelajaran, satu kelompok.
C. dua kelompok, dua mata pelajaran, satu kelas.
D. dua kelas, dua kemampuan, satu mata pelajaran.
Jawab:
A. benar, dua kelas, dua
mata pelajaran, satu ruangan
8. Komponen membuka pelajaran untuk menarik perhatian siswa dengan menggunakan
model PKR 321 adalah sebagai berikut, kecuali....
A. memberikan aba- aba perhatian dan ucapan salam pembuka.
B. memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran.
C. membunyikan peluit.
D. memberikan PR
A. memberikan aba- aba perhatian dan ucapan salam pembuka.
B. memperlihatkan benda / gambar yang berhubungan dengan materi pelajaran.
C. membunyikan peluit.
D. memberikan PR
Jawab:
D. benar, merupakan
penutup pelajaran
9. Berikut merupakan contoh kegiatan menarik perhatian siswa dalam pelaksanaan
pembelajaran yaitu dengan....
A. memperlihatkan gambar menarik.
B. memberikan tugas perseorangan.
C. memperhatikan minat siswa.
D. mengemukakan ide.
A. memperlihatkan gambar menarik.
B. memberikan tugas perseorangan.
C. memperhatikan minat siswa.
D. mengemukakan ide.
Jawab:
A. benar, untuk menarik
perhatian siswa dapat dengan memperlihatkan gambar
10. Berikut merupakan
contoh PKR 321, di mana kelas 4 dan kelas 5 akan mempelajari IPS dengan topik
kekayaan alam. Setelah selesai pelajaran, kelas 4 diharapkan dapat
mengidentifikasi sumber daya alam, dan kelas 5 dapat memberi contoh pemanfaata
sumber daya alam, sedangkan kelas 6 akan mempelajari PPKn. Dengan harapan
selesai belajar siswa kelas 6 dapat memecahkan kasus pencemaran lingkungan dari
sudut hukum. Dari pernyataan di atas kegiatan tersebut mengacu pada cara
guru....
A. menarik perhatian siswa.
B. mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
C. menimbulkan motivasi.
D. mengaitkan konseptual.
A. menarik perhatian siswa.
B. mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
C. menimbulkan motivasi.
D. mengaitkan konseptual.
Jawab:
B. benar, pengemukakan
tujuan dan batas -batas tugas
11. Bu Sinta
menunjukkan muka yang manis serta penuh semangat dalam menjelaskan materi
pelajaran. Tindakan guru tersebut mempunyai tujuan untuk....
A. pengait masalah.
B. membuat rangkuman.
C. menumbuhkan motivasi belajar anak.
D. mengevaluasi proses belajar anak.
A. pengait masalah.
B. membuat rangkuman.
C. menumbuhkan motivasi belajar anak.
D. mengevaluasi proses belajar anak.
Jawab:
C. benar, menumbuhkan
motivasi belajar anak
12. Yang termasuk
kegiatan menutup pelajaran dalam proses belajar mengajar adalah....
A. meninjau kembali.
B. menyampaikan pertanyaan apersepsi.
C. merangkum materi pelajaran.
D. mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
A. meninjau kembali.
B. menyampaikan pertanyaan apersepsi.
C. merangkum materi pelajaran.
D. mengingatkan masalah pokok yang akan dibahas.
Jawab:
A. benar, merupakan
episode pembelajaran dibangun untuk mencapai seperangkat tujuan yang dirumuskan
terlebih dahulu
13. Berikut ini
merupakan salah satu kegiatan guru untuk mengetahui penguasaan materi dalam
proses pembelajaran adalah....
A. mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
B. mendemonstrasikan keterampilan.
C. memusatkan perhatian.
D. pertanyaan pemicu belajar.
A. mengemukakan tujuan dan batas- batas tugas.
B. mendemonstrasikan keterampilan.
C. memusatkan perhatian.
D. pertanyaan pemicu belajar.
Jawab:
B. benar, yaitu
merupakan bagian dalam kegiatan evaluasi
14. Berikut merupakan
identifikasi keterampilan dasar mengajar untuk mendorong siswa belajar aktif,
yaitu....
A. proses memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap, keterampilan, dan kebiasaan belajar melalui pemanfaatan rangsangan dari luar siswa.
B. meningkatkan kesempatan siswa untuk mengeluarkan pendapat.
C. memeratakan kesempatan siswa berbicara.
D. memacu proses berpikir siswa dengan cara mengajukan pertanyaan.
A. proses memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap, keterampilan, dan kebiasaan belajar melalui pemanfaatan rangsangan dari luar siswa.
B. meningkatkan kesempatan siswa untuk mengeluarkan pendapat.
C. memeratakan kesempatan siswa berbicara.
D. memacu proses berpikir siswa dengan cara mengajukan pertanyaan.
Jawab:
A. benar, proses
memperoleh pengetahuan, nilai dan sikap, keterampilan, dan kebiasaan belajar
melalui pemanfaatan rangsangan dari luar
15. Berikut merupakan
contoh perilaku guru dalam mengelola kelas PKR adalah sebagai berikut, kecuali
A. mengadakan pendekatan secara pribadi.
B. menata kegiatan belajar mengajar.
C. mengarahkan dan memberi kemudahan belajar.
D. pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan siswa.
A. mengadakan pendekatan secara pribadi.
B. menata kegiatan belajar mengajar.
C. mengarahkan dan memberi kemudahan belajar.
D. pemberi kemudahan belajar sesuai kebutuhan siswa.
Jawab:
D. benar, yaitu
merupakan peran guru dalam pengajaran kelompok kecil dan perseorangan
16. Siswa dapat
mengembangkan kemampuan dan kebiasaan untuk saling berbagi ide dan membuat
kesepakatan bersama mengenai sesuatu hal, serta menuangkan hasil kesepakatan
dengan bahasa sendiri. TIK di atas sesuai dengan model....
A. olah pikir sejoli
(OPS).
B. Olah pikir berebut (OPB) |
C. konsultasi intra
kelompok (KIK).
D. tutorial teman sebaya (TTS) |
Jawab:
C. benar, untuk mengembangkan
kemampuan dan kebiasaan untuk saling berbagi ide dan membuat kesepakatan
bersama mengenai sesuatu hal, serta menuangkan hasil kesepakatan dengan bahasa
sendiri
17. Penentuan
pemajangan hasil karya siswa merupakan penataan fisik kelas dari aspek....
A. panas dan
ventilasi
B. sinar. |
C. kemudahan bergerak.
D. daerah pemajangan |
Jawab:
D. benar, untuk
memajang hasil karya siswa
18. Pengaturan ruang
PKR perlu memperhatikan hal- hal sebagai berikut....
A. kemudahan bergerak anak.
B. pengaturan sinar.
C. tidak diperlukan sudut aktifitas.
D. posisi meja guru.
A. kemudahan bergerak anak.
B. pengaturan sinar.
C. tidak diperlukan sudut aktifitas.
D. posisi meja guru.
Jawab:
C. benar, memerlukan
sudut aktifitas
19. Cakupan penataan
ruang kelas yang baik meliputu hal- hal sebagai berikut....
A. perpustakaan.
B. sudut seni dan kerajinan tangan.
C. sudut bermain peran.
D. lapangan.
A. perpustakaan.
B. sudut seni dan kerajinan tangan.
C. sudut bermain peran.
D. lapangan.
Jawab:
D. benar, kurang sesuai
untuk penataan ruang kelas
20. Salah satu identifikasi denah ruang kelas yang sesuai dengan model PKR
adalah....
A. semua sumber belajar ada di dalam satu ruangan.
B. membatasi gerak siswa.
C. fokus pada satu kelas
D. sulit melakukan benerapa bentuk kegiatan yang bervariasi.
Jawab:
A. benar, untuk memudahkan kegiatan pembelajaran semua sumber belajar ada
dalam ruangan
21. Dari gambar tersebut guru kelas menerapkan kelas model....
A. 2. 2. 1
B. 2. 2. 2
|
C. 3. 2. 1
D. 3. 3. 3
|
Jawab:
A. benar, terdiri dua kelas, dua mata pelajaran, satu ruangan
22. Pembentukan kelompok belajar yang didasarkan pada murid yang
berkemampuan cepat, berkemampuan sedang, dan berkemampuan lambat. Pernyataan
tersebut tergolong kelompok belajar berdasarkan....
A. persamaan kemampuan.
B. kemampuan berbeda.
|
C. kelompok sosial.
D. persamaan hak.
|
Jawab:
A. benar, didasarkan pada persamaan kemampuan murid yang cepat, sedang, dan
lambat
23. Pada saat merencanakan kegiatan kelompok belajar secara teliti dapat
dilakukan dengan....
A. diadakan pengamatan selama belajar.
B. membuat pengaturan kelompok belajar.
C. menggunakan ragam media.
D. penggunaan keterampilan.
Jawab:
B. benar, membuat pengaturan kelompok belajar
24. Bu Denti mengajar merangkap kelas 4 dan kelas 5. Karena banyak anak
yang perlu diperhatikan, maka guru tersebut memerlukan bantuan siswa kelas 5
yang pandai, untuk membantu siswa kelas 4. Dari kegiatan di atas siswa kelas 5
merupakan tutor....
A. sebaya.
B. kakak.
|
C. berpasangan.
D. kelompok.
|
Jawab:
B. benar, tutor yang yang dipilih dari kelas yang lebih tinggi dan
kemampuannya di atas rata- rata
25. Dalam proses pembelajaran Bu Ani mengajar kelas 3 dan kelas 4, masing-
masing kelompok sudah mengerjakan sesuai dengan tugas yang diberikan. Untuk
menganti sipasi anak yang akan menyelesaikan tugasnya lebih awal, guru tersebut
menyiapkan pekerjaan yang akan diberikan kepada siswa, agar tidak mengganggu
siswa lain. Dari kegiatan di atas, langkah yang diambil guru tersebut
merupakan....
A. kegiatan siap.
B. aturan ruti kelas.
C. mengerjakan tugas sesuai perintah.
D. pemanfatan tutor.
Jawab:
A. benar, guru menyiapkan tugas untuk mengantisipasi apabila ada siswa yang
menyelesaikan tugasnya lebih awal
26. Memeriksa persediaan kapur tulis, penggaris, dan penghapus sebelum
pembelajaran dimulai merupakan....
A. kegiatan siap
B. aturan rutin kelas
|
C. proses belajar.
D. proses evaluasi.
|
Jawab:
B. benar, merupakan aturan rutin kelas
27. Dalam proses pembelajaran, tiba- tiba ada seorang siswa yang membuat
keributan dengan memukul- mukul meja sehingga mengganggu siswa lainnya yang
sedang belajar. Dari ilustrasi di atas yang harus dilakukan guru adalah....
A. memberi hukuman.
B. mendiamkan saja.
|
C. diberi hadiah.
D. diberikan bantuan belajar.
|
Jawab:
A. benar, dengan memberi hukuman
28. Sekolah dalam melaksanakan kegiatannya mengatur langkah- langkah agar
mendapatkan dukungan untuk membangun kerja sama dengan pihak lain disebut....
A. mengumpulkan data
B. melakukan negosiasi.
C. melaporkan keadaan sekolah.
D. memberikan penghargaan.
Jawab:
B. benar, melakukan langkah- langkah mendapatkan dukungan untuk membangun
kerja sama dengan pihak lain
29. Memanfaatkan sesama guru dari satu sekolah sebagai sumber belajar dalam
PKR dapat dilakukan dengan cara....
A. merangkap beberapa kelas.
B. membagi kelas menjadi dua bagian.
C. mengundang sebagai nara sumber.
D. menjanjikan honor lebih.
Jawab:
C. benar, memanfaatkan sesama guru dapat dilakukan dengan cara mengundang
sebagai nara sumber
30. Bu Siska mengajar siswa kelas 4, karena Pak Hari tidak bisa hadir, maka
Bu Siska merangkap mengajar kelas 5 hingga Bu Siska perlu mengumpulkan kedua
kelas tersebut menjadi satu ruangan. Bu Siska pada waktu menjelaskan kurang
menguasai materi yang diajarkan. Dari kasus diatas yang dapat dilakukan guru
tersebut adalah....
A. mendiskusikan dengan guru lain yang lebih tahu.
B. mendatangkan guru bidang studi lain.
C. tidak perlu membahas materi tersebut.
D. mempelajari bidang studi yang lain.
Jawab:
A. benar, mendiskusikan dengan cara lain yang lebih tahu
31. Contoh belajar mandiri yang disesuaikan dengan kondisi sekoplah
didaerah pantai adalah....
A. budidaya laut.
B. bercocok tanam.
C. berkebun.
D. memanfaatkan hasil hutan.
Jawab:
A. benar, yaitu mengajarkan ke anak untuk membudayakan hasil laut
32. Perlengkapan dan sumber belajar yang dapat digunakan untuk
mengembangkan pusat sumber belajar adalah....
A. guru yang tidak menguasai materi.
B. media elektronik.
C. kantin.
D. dukungan orang tua siswa.
Jawab:
B. benar, berupa media elektronik
33. Hal yang dapat dipertimbangkan dalam menentukan lingkungan sebagai
sumber belajar adalah sebagai berikut....
A. mudah dijangkau.
B. aman.
C. berkaitan dengan materi yang diajarkan.
D. memerlukan biaya tingga.
Jawab:
D. benar, lingkungan yang dapat digunakan bukan yang membutuhkan biaya
tinggi
34. Apabila ingin memperkenalkan tentang cara menabung kepada anak, maka
yang dapat dijadikan sumber belajar adalah....
A. posyandu.
B. bank.
|
C. puskesmas.
D. wartel.
|
Jawab:
B. benar, bank dapat dipakai untuk mengenalkan anak menabung
35. Di kalangan tokoh masyarakat sebagai nara sumber, yang dapat dijadikan
sumber belajar diantaranya adalah....
A. tutor sebaya.
B. budayawan.
|
C. kakak kelas.
D. pesuruh sekolah.
|
Jawab:
B. benar, orng yang ahli dalam kebudayaan
36. Yang dapat dijadikan nar sumber pada waktu anak melakukan pengatan
tentang terjadinya banjir adalah....
A. adat istiadat.
B. sosial budaya.
|
C. lingkungan alam.
D. lembaga pemerintahan.
|
Jawab:
C. benar, lingkungan alam yang dapat menyebabkan terjadinya banjir
37. Prosedur dasar atau urutan langkah dalam pengembangan kerangka rencana
pembelajaran sesuai dengan KTSP adalah....
A. menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator atau tujuan
pembelajaran, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
B. indikator atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar dan proses
belajaran, kompetensi dasar, standar kompetensi.
C. kompensi dasar, standar kompetensi, indikator atau tujuan pembelajaran,
pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
D. indikator atau tujuan pembelajaran, standar kompetensi, kompetensi
dasar, pengalaman belajar dan proses pembelajaran.
Jawab:
A. benar, yaitu menentukan standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator
atau tujuan pembelajaran, pengalaman belajar, dan proses pembelajaran
38. Bu Dini mengajar mata pelajaran PPKn kelas 4, jika rumusan indikatornya
berbunyi siswa dapat melaksanakan kewajibannya sebagai warga negara di
lingkungan desa dan kecamatan, maka pengalaman belajar siswa yang harus
dirancang oleh guru di kelas berdasarkan PKR tersebut adalah siswa secara....
A. perseorangan membuat karangan tentang" menjaga kebersihan
lingkungan"
B. berkelompok berdiskusi tentang lingkungan.
C. mandiri mengerjakan tugas.
D. perseorangan membuat kliping tokoh- tokoh masyarakat.
Jawab:
A. benar, membuat karangan tentang kebersihan lingkungan mencerminkan
kewajiban siswa sebagai warga negara
39. Guru perlu memanfaatkan sarana pendukung belajar murid yang tersedia
atau dapat diadakan. Pernyataan tersebut merupakan....
A. prinsip pemetaan materi
B. tujuan pemetaan materi.
|
C. fungsi pemetaan materi.
D. dasar pemetaan materi.
|
Jawab:
A. benar, merupakan prinsip pemetaan materi
40. Pada waktu bersamaan Bu Denta mengajar mata pelajaran PPKn dengan
topik" Hidup rukun" di kelas 1, kelas 4, dan kelas 5. Berdasarkan
topik tersebut materi yang sesuai untuk kelas 1 adalah....
A. bekerja bakti di lingkungan RT.
B. perayaan natal bersama.
C. bermain bersama.
D. toleransi beragama.
Jawab:
C. benar, yaitu bermain bersama
41. Murid memahami konsep baru atau menguasai keterampilan, guru memantau
dan selanjutnya murid berlatih di luar kelas. Kegiatan tersebut sesuai dengan
model Weil M & Mc Greal, yaitu merupakan bentuk latihan....
A. bebas.
B. terbimbing.
|
C. terstruktur.
D. pengembang.
|
Jawab:
B. benar, murid memahami konsep baru atau keterampilan guru memantau dan
selanjutnya murid berlatih di luar kelas
42. Dalam proses pembelajaran, di kelas 4 Bu nina menugaskan murid- murid
berdiskusi secara kelompok dengan materi bahasan IPA. Setelah menyelesaikan
diskusi, murid ditugaskan untuk memaparkan hasil diskusinya dan guru, guru
memberi balikan hasil diskusi murid tersebut. Kegiatan tersebut di atas
merupakan bentuk latihan ....
A. mandiri.
B. terbimbing.
|
C. terstruktur.
D. pengembangan.
|
Jawab:
C. benar, pada latihan terstruktur guru memandu kegiatan kelompok murid dan
memberi balikan dan murid menanggapinya
Comments
Post a Comment