FORMAT PENILAIAN APKG 1 DAN 2

format penilaian
apkg 1 dan 2 serta lembar simulasi
pembelajaran kelas rangkap

MODEL 221





Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap
PDGK 4302



Oleh :
HESTI DARYADI
NIM:  825210948



KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ BOGOR

PROGRAM S1 PGSD
POKJAR KOTA SUKABUMI
2016.1

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I  (APKG – I)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.
NAMA MAHASISWA
:
HESTI DARYADI
2.
NIM
:
825 210 948
3.
TEMPAT MENGAJAR
:
SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4.
MODEL PKR
:
221
5.
KELAS / SEMESTER
:
V dan VI / II (Dua)
6.

MATA PELAJARAN
:
 
1.    Matematika
2.    IPA
7.
WAKTU
:
2 x 35 Menit
8.
TANGGAL
:
28 April 2016

PETUNJUK
Baca dengan cermat Rancangan PKR  yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa untuk prakter PKR di kelasnya sendiri. Kemudian,nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian ini :

1.    Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan
Tujuan / Indikator perbaikan pembelajaran       
                                                                                                   1              2           3             4                 5
1.1  Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi



















1.2 Merumuskan tujuan / indikator perbaikan pembelajaran





















Rata – rata butir 1 = A


2.    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi ,
     menentukan tema, Media (alat bantu pembelajaran)
     dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari model PKR yang dipilih


   
















2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/Media Pembelajaran



















2.3 Memilih sumber belajar





















Rata – rata butir 2 = B


3.    Merencanakan skenario kegiatan kelas rangkap                                                                                       
3.1 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran  kelas rangkap.



















3.2 Menentukan alokasi waktu kelas rangkap




















3.3    Mennetukan cara-cara memotivasi siswa





















Rata – rata butir 3 = C


4.    Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap




















Rata – rata butir 4 = D



5.    Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapakan
alat Penilaian
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian




















5.2 Membuat alat – alat penilaian dan kunci jawaban





















Rata – rata butir 5 = E



6.    Tampilan dokumen rencana perbaikan Pembelajaran
kelas rangkap
6.1 Kebersihan dan kerapian




















6.2 Penggunaan bahasa tulis





















Rata – rata butir 6 = F



Nilai APKG 1 = R

R =
                                   

R=Rata-rata Butir                                               
                                                              
 













Sukabumi, 28 April 2016
Pengamat,





Pepen Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002



ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG – II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN                                                                   PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.
NAMA MAHASISWA
:
HESTI DARYADI
2.
NIM
:
825 210 948
3.
TEMPAT MENGAJAR
:
SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4.
MODEL PKR
:
221
5.
KELAS / SEMESTER
:
V dan VI / II (Dua)
6.

MATA PELAJARAN
:
 
1.    Matematika
2.    IPA
7.
WAKTU
:
2 x 35 Menit
8.
TANGGAL
:


PETUNJUK
1.       Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung Khusus untuk butir 3, yaitu mendemostrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
2.       Pusatkanlah perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3.       Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4.       Khusus untuk butir 3, yaitu mendemostrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan


1. Melakukan pembelajaran                                                      1           2             3             4              5

a. Melaksanakan tugas rutin kelas



















b. Memulai kegiatan pembelajaran



















c. Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator, siswa, situasi dan   









     Lingkungan



















d. Melaksanakan kegiatan pembelajaran secara Individual, kelompok, atau klasifikasi









           









e. Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan Kemampuan / tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan



















f. Menggunakan media belajar yang sesuai dengan tujuan, Siswa, situasi, dan lingkungan



















g. Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien



















h. Mengakhiri kegiatan pembelajaran




















Rata – rata butir 1 = P



2.    Mengelola interakasi kelas                                          
a.    Menujukkan perhatian serta sikap Bersahabat, terbuka, dan penuh pengertian Kepada siswa



















b.    Memicu dan memelihara keterlibatan siswa



















c.    Melakukan komunikasi secara efektif




















Rata – rata butir 2 = Q



3.    Mendemostrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran
kelas rangka (isi yang sesuai dengan RPPKR yang sedang dinilai)
a.    Bahasa Indonesia                                          
1) Mendemostrasikan penguasaan materi bahasa Indonesia


















2) Memberikan latihan keterampilan  berbahasa


















3) Mengembangkan kemampuan Siswa untuk berkomunikasi dan bernalar



















Rata – rata butir 3.a = R


b.    Matematika
1)   Menanamkan konsep matematika melalui kegiatan manipulatif



















2)   Menguasai simbol-simbol matematika



















3)   Memberikan latihan penggunaan Matematika dalam kehidupan sehari-hari



















Rata – rata butir 3 b  = R


c.    IPA
1)   Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman langsung









      









2)   Meningkatkan keterlibatan siswa Melalui pengalaman langsung









      









3Menampilkan penguasaan IPA



















Rata – rata butir 3 c  = R


d.    IPS
1) Mengembangkan pemahaman konsep waktu



















2) Mengembangkan pemahaman konsep uang




















3) Mengembangkan pemahaman konsep Kelangkaan (scarcity)




















Rata – rata butir 3.d = R


e.    PKN
1)  Ketepatan menggunakan istilah-istilah Khusus dan konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan


















2)  penguasaan materi Pendidikan kewarganegaraan









                               









3)   Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam Kehidupan sehari-hari









          










Rata – rata butir 3.e = R



4.    Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar

a.    Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran









                          









b.    Melaksanakan penilaian pada akhir Pembelajaran









                          










Rata – rata butir 4 = S



5.    Kesan umum pelaksanaan pembelajaran kelas rangkap

a.     Peka terhadap kemapuan berbahasa



















b.    Penampilan guru dalam pembelajaran kelas rangkap









      









c.    Keefektifan pembelajaran kelas rangkap






























Rata – rata butir 5 = T




Catatan :                                                                  
 
 








 












Sukabumi, 28 April 2016
Pengamat:





Pepen Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002



ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU  1  (APKG – 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP

1.
NAMA MAHASISWA
:
HESTI DARYADI
2.
NIM
:
825 210 948
3.
TEMPAT MENGAJAR
:
SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4.
MODEL PKR
:
221
5.
KELAS / SEMESTER
:
V dan VI / II (Dua)
6.

MATA PELAJARAN
:
 
3.    Matematika
4.    IPA
7.
WAKTU
:
2 x 35 Menit
8.
TANGGAL
:
30 April 2016

PETUNJUK
Baca dengan cermat Rancangan PKR  yang akan digunakan oleh guru / mahasiswa untuk prakter PKR di kelasnya sendiri. Kemudian,nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian ini :

7.    Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan merumuskan
Tujuan / Indikator perbaikan pembelajaran       
                                                                                                   1              2           3             4                 5
1.1  Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi



















1.2 Merumuskan tujuan / indikator perbaikan pembelajaran





















Rata – rata butir 1 = A


8.    Mengembangkan dan mengorganisasikan materi ,
     menentukan tema, Media (alat bantu pembelajaran)
     dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari model PKR yang dipilih


   
















2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/Media Pembelajaran



















2.3 Memilih sumber belajar





















Rata – rata butir 2 = B


9.    Merencanakan skenario kegiatan kelas rangkap                                                                                       
3.1 Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran  kelas rangkap.



















3.2 Menentukan alokasi waktu kelas rangkap




















3.4    Mennetukan cara-cara memotivasi siswa





















Rata – rata butir 3 = C


10.              Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran kelas rangkap




















Rata – rata butir 4 = D



11.              Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapakan
alat Penilaian
5.1 Menentukan prosedur dan jenis penilaian




















5.2 Membuat alat – alat penilaian dan kunci jawaban





















Rata – rata butir 5 = E



12.              Tampilan dokumen rencana perbaikan Pembelajaran
kelas rangkap
6.1 Kebersihan dan kerapian




















6.2 Penggunaan bahasa tulis





















Rata – rata butir 6 = F



Nilai APKG 1 = R

R =
                                   

R=Rata-rata Butir                                               
                                                              
 













Sukabumi, 30 April 2016
Pengamat
Tutor,




Drs. Aang Zaenudin,M.M.Pd
NIP. 19670415 1997021002



LEMBAR PENILAIAN SIMULASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP


IDENTITAS
1.    NAMA MAHASISWA    :    HESTI DARYADI
2.    NIM                                   :    825 210 948
3.    MODEL PKR                   :    221      
4.   KELAS / SEMESTER      :    V dan VI / II (Dua)
5.   MATA PELAJARAN      :    1. Matematika
                                               2. IPA

ASPEK YANG DIAMATI
SKALA PENILAIAN
WAKTU TAMPILAN
1
2
3
4
5
A.  PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL






1.      Menarik perhatian/motivasi






2.      Memberikan acuan






3.      Membuat kaitan






Rata-rata KW : N1+N2+N3
                             3
B.  PENYAJIAN/KEGIATAN INTI






1.      Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan  contoh/ilustrasi/demonstrasi






2.      Tanya jawab/pemberian penguatan






3.      Pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses






4.      Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan






Rata-rata KW : N1+N2+N3+N4
                                4
C.  PENUTUP/KEGIATAN AKHIR






1.      Peninjauan kembali






2.      Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut






Rata-rata KW : N1+N2
                         2

Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku mahasiswa yang terekam :




Catatan:
KW   = rata-rata nilai Kegiatan Awal
KI     = rata-rata nilai Kegiatan Inti
KK    = rata-rata nilai Kegiatan Akhir

Nilai Simulasi Pembelajaran Kelas Rangkap/ K

K =

 
Sukabumi, 30 April 2016
Pengamat,



                                                      
Drs. Aang Zaenudin,M.M.Pd
NIP. 19670415 1997021002

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

RPP Pembelajaran Kelas Rangkap