FORMAT PENILAIAN APKG 1 DAN 2
format
penilaian
apkg 1
dan 2 serta lembar simulasi
pembelajaran
kelas rangkap
MODEL 221
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Kelas
Rangkap
PDGK 4302
Oleh
:
HESTI
DARYADI
NIM: 825210948
KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TERBUKA
UPBJJ BOGOR
PROGRAM
S1 PGSD
POKJAR
KOTA SUKABUMI
2016.1
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU I (APKG – I)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1.
|
NAMA MAHASISWA
|
:
|
HESTI DARYADI
|
2.
|
NIM
|
:
|
825 210 948
|
3.
|
TEMPAT MENGAJAR
|
:
|
SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
|
4.
|
MODEL PKR
|
:
|
221
|
5.
|
KELAS / SEMESTER
|
:
|
V dan VI / II (Dua)
|
6.
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
1.
Matematika
2.
IPA
|
7.
|
WAKTU
|
:
|
2 x 35 Menit
|
8.
|
TANGGAL
|
:
|
28 April 2016
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru /
mahasiswa untuk
prakter PKR di kelasnya sendiri. Kemudian,nilailah semua aspek yang terdapat
dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian ini :
1. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
merumuskan
Tujuan / Indikator perbaikan
pembelajaran
1
2 3 4 5
1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi
|
|||||||||
1.2 Merumuskan tujuan
/ indikator perbaikan pembelajaran
|
|||||||||
Rata – rata butir 1 = A
|
2. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi ,
menentukan tema, Media (alat bantu
pembelajaran)
dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari model PKR yang dipilih
|
|||||||||
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/Media Pembelajaran
|
|||||||||
2.3 Memilih sumber belajar
|
|||||||||
Rata – rata butir 2 = B
|
3. Merencanakan skenario kegiatan kelas
rangkap
3.1
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran kelas rangkap.
|
|||||||||
3.2 Menentukan alokasi waktu kelas rangkap
|
|||||||||
3.3 Mennetukan
cara-cara memotivasi siswa
|
|||||||||
Rata – rata butir 3 = C
|
4. Merancang pengelolaan
kelas
Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
kelas rangkap
|
|||||||||
Rata – rata butir 4 = D
|
5. Merencanakan prosedur, jenis dan menyiapakan
alat Penilaian
5.1 Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
|
|||||||||
5.2 Membuat alat –
alat penilaian dan kunci jawaban
|
|||||||||
Rata – rata butir 5 = E
|
6. Tampilan dokumen rencana perbaikan Pembelajaran
kelas rangkap
6.1 Kebersihan dan
kerapian
|
|||||||||
6.2
Penggunaan bahasa tulis
|
|||||||||
Rata – rata butir 6 = F
|
![]() |
|
Sukabumi,
28 April 2016
Pengamat,
Pepen Supendi,S.Pd
NIP.
195612111979121002
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU II (APKG – II)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
1.
|
NAMA MAHASISWA
|
:
|
HESTI DARYADI
|
2.
|
NIM
|
:
|
825 210 948
|
3.
|
TEMPAT MENGAJAR
|
:
|
SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
|
4.
|
MODEL PKR
|
:
|
221
|
5.
|
KELAS / SEMESTER
|
:
|
V dan VI / II (Dua)
|
6.
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
1.
Matematika
2.
IPA
|
7.
|
WAKTU
|
:
|
2 x 35 Menit
|
8.
|
TANGGAL
|
:
|
PETUNJUK
1.
Amatilah
dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung Khusus untuk butir 3, yaitu
mendemostrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran, pilihlah salah satu
butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang sedang diajarkan
2.
Pusatkanlah
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa
3.
Nilailah kemampuan guru tersebut dengan menggunakan
butir-butir penilaian di bawah ini
4.
Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemostrasikan kemampuan khusus dengan mata pelajaran,
pilihlah salah satu butir penilaian yang sesuai dengan mata pelajaran yang
sedang diajarkan
1. Melakukan pembelajaran 1 2 3 4 5
a. Melaksanakan
tugas rutin kelas
|
|||||||||
b. Memulai kegiatan
pembelajaran
|
|||||||||
c. Menggunakan ragam
kegiatan yang sesuai dengan kemampuan/tujuan/indikator,
siswa, situasi dan
|
|||||||||
Lingkungan
|
|||||||||
d. Melaksanakan
kegiatan pembelajaran secara Individual, kelompok, atau klasifikasi
|
|||||||||
e. Menggunakan
sumber belajar yang sesuai dengan Kemampuan
/ tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
|
|||||||||
f. Menggunakan media
belajar yang sesuai dengan tujuan, Siswa,
situasi, dan lingkungan
|
|||||||||
g. Menggunakan waktu
pembelajaran secara efisien
|
|||||||||
h. Mengakhiri
kegiatan pembelajaran
|
|||||||||
Rata – rata butir 1 = P
|
2.
Mengelola interakasi kelas
a. Menujukkan perhatian serta sikap Bersahabat,
terbuka, dan penuh pengertian Kepada siswa
|
|||||||||
b. Memicu dan memelihara keterlibatan siswa
|
|||||||||
c. Melakukan komunikasi secara efektif
|
|||||||||
Rata – rata butir 2 = Q
|
3.
Mendemostrasikan kemampuan
khusus dalam pembelajaran
kelas rangka (isi yang sesuai dengan
RPPKR yang sedang dinilai)
a.
Bahasa Indonesia
1) Mendemostrasikan
penguasaan materi bahasa Indonesia
|
|||||||||
2) Memberikan
latihan keterampilan berbahasa
|
|||||||||
3) Mengembangkan
kemampuan Siswa untuk berkomunikasi dan bernalar
|
|||||||||
Rata – rata butir 3.a = R
|
b.
Matematika
1) Menanamkan
konsep matematika melalui kegiatan manipulatif
|
|||||||||
2) Menguasai
simbol-simbol matematika
|
|||||||||
3) Memberikan latihan penggunaan Matematika dalam kehidupan
sehari-hari
|
|||||||||
Rata – rata
butir 3 b = R
|
c. IPA
1) Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui pengalaman
langsung
|
|||||||||
2) Meningkatkan keterlibatan siswa Melalui
pengalaman langsung
|
|||||||||
3) Menampilkan penguasaan IPA
|
|||||||||
Rata – rata
butir 3 c =
R
|
d.
IPS
1) Mengembangkan pemahaman konsep waktu
|
|||||||||
2) Mengembangkan
pemahaman konsep uang
|
|||||||||
3) Mengembangkan
pemahaman konsep Kelangkaan (scarcity)
|
|||||||||
Rata – rata butir 3.d = R
|
e.
PKN
1)
Ketepatan menggunakan istilah-istilah Khusus dan konsep dalam Pendidikan
Kewarganegaraan
|
|||||||||
2)
penguasaan materi Pendidikan kewarganegaraan
|
|||||||||
3) Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan dalam
Kehidupan sehari-hari
|
|||||||||
Rata – rata butir 3.e = R
|
4.
Melaksanakan penilaian proses
dan hasil belajar
a.
Melaksanakan penilaian selama proses pembelajaran
|
|||||||||
b. Melaksanakan
penilaian pada akhir Pembelajaran
|
|||||||||
Rata – rata butir 4 = S
|
5.
Kesan umum pelaksanaan
pembelajaran kelas rangkap
a.
Peka terhadap kemapuan berbahasa
|
||||||||||
b. Penampilan guru
dalam pembelajaran kelas rangkap
|
||||||||||
c. Keefektifan pembelajaran kelas rangkap
|
||||||||||
Rata – rata
butir 5 = T
|
||||||||||
|
![]() |
Sukabumi,
28 April 2016
Pengamat:
Pepen Supendi,S.Pd
NIP.
195612111979121002
|
ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU
1 (APKG – 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN
MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN KELAS
RANGKAP
1.
|
NAMA MAHASISWA
|
:
|
HESTI DARYADI
|
2.
|
NIM
|
:
|
825 210 948
|
3.
|
TEMPAT MENGAJAR
|
:
|
SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
|
4.
|
MODEL PKR
|
:
|
221
|
5.
|
KELAS / SEMESTER
|
:
|
V dan VI / II (Dua)
|
6.
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
3.
Matematika
4.
IPA
|
7.
|
WAKTU
|
:
|
2 x 35 Menit
|
8.
|
TANGGAL
|
:
|
30 April 2016
|
PETUNJUK
Baca dengan cermat Rancangan PKR yang akan digunakan oleh guru /
mahasiswa untuk
prakter PKR di kelasnya sendiri. Kemudian,nilailah semua aspek yang terdapat
dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian ini :
7. Menentukan bahan perbaikan pembelajaran dan
merumuskan
Tujuan / Indikator perbaikan
pembelajaran
1 2
3 4 5
1.1 Menggunakan bahan perbaikan pembelajaran yang sesuai dengan standar Isi dan Kompetensi
|
|||||||||
1.2 Merumuskan tujuan
/ indikator perbaikan pembelajaran
|
|||||||||
Rata – rata butir 1 = A
|
8. Mengembangkan dan mengorganisasikan materi ,
menentukan tema, Media (alat bantu
pembelajaran)
dan sumber belajar
2.1 Mengembangkan dan mengorganisasikan materi dari model PKR yang dipilih
|
|||||||||
2.2 Menentukan dan mengembangkan alat bantu/Media Pembelajaran
|
|||||||||
2.3 Memilih sumber belajar
|
|||||||||
Rata – rata butir 2 = B
|
9. Merencanakan skenario kegiatan kelas
rangkap
3.1
Menyusun langkah-langkah perbaikan pembelajaran kelas rangkap.
|
|||||||||
3.2 Menentukan alokasi waktu kelas rangkap
|
|||||||||
3.4 Mennetukan
cara-cara memotivasi siswa
|
|||||||||
Rata – rata butir 3 = C
|
10.
Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa agar siswa dapat berpartisipasi dalam pembelajaran
kelas rangkap
|
|||||||||
Rata – rata butir 4 = D
|
11.
Merencanakan prosedur, jenis
dan menyiapakan
alat Penilaian
5.1 Menentukan
prosedur dan jenis penilaian
|
|||||||||
5.2 Membuat alat –
alat penilaian dan kunci jawaban
|
|||||||||
Rata – rata butir 5 = E
|
12.
Tampilan dokumen rencana
perbaikan Pembelajaran
kelas rangkap
6.1 Kebersihan dan
kerapian
|
|||||||||
6.2
Penggunaan bahasa tulis
|
|||||||||
Rata – rata butir 6 = F
|
![]() |
|
Sukabumi,
30 April 2016
Pengamat
Tutor,
Drs. Aang Zaenudin,M.M.Pd
NIP. 19670415
1997021002
|
LEMBAR PENILAIAN SIMULASI PEMBELAJARAN KELAS RANGKAP
IDENTITAS
1.
NAMA
MAHASISWA : HESTI DARYADI
2.
NIM : 825
210 948
3.
MODEL PKR : 221
4.
KELAS /
SEMESTER : V dan VI / II (Dua)
5.
MATA
PELAJARAN : 1. Matematika
2.
IPA
ASPEK YANG DIAMATI
|
SKALA PENILAIAN
|
WAKTU TAMPILAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A. PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL
|
||||||
1. Menarik
perhatian/motivasi
|
||||||
2. Memberikan acuan
|
||||||
3. Membuat kaitan
|
||||||
Rata-rata KW : N1+N2+N3
3
|
||||||
B. PENYAJIAN/KEGIATAN INTI
|
||||||
1. Penjelasan
konsep/data/fakta/prinsip dengan
contoh/ilustrasi/demonstrasi
|
||||||
2. Tanya jawab/pemberian
penguatan
|
||||||
3. Pemberian tugas/latihan
secara individual/kelompok/evaluasi proses
|
||||||
4. Ada supervisi saat siswa
diberi tugas dan balikan
|
||||||
Rata-rata KW : N1+N2+N3+N4
4
|
||||||
C. PENUTUP/KEGIATAN AKHIR
|
||||||
1. Peninjauan kembali
|
||||||
2. Evaluasi hasil
belajar/pemberian tindak lanjut
|
||||||
Rata-rata KW : N1+N2
2
|
Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku mahasiswa
yang terekam :
|
|
Sukabumi, 30 April 2016
Pengamat,

Drs. Aang Zaenudin,M.M.Pd
NIP. 19670415 1997021002
Comments
Post a Comment