Pengertian Kepemimpinan

Pengertian Kepemimpinan



Kepemimpinan dapat diartikan sebagai segala hal yang berhubungan dengan pekerjaan memimpin. Kepemimpinan pada hakikatnya adalah ilmu dan seni untuk mempengaruhi dan mengarahkan orang lain dengan cara membangun kepatuhan, kesetiaan, kepercayaan,  hormat dan bekerjasama dengan penuh semangat dalam mencapai tujuan.  Hoy dan Miskel (2013:427) mendefeinisikan “Leadership broadly as a social process in which an individual or a group influences behaviour toward a shared a goal”. Kepemimpinan merupakan sebuah proses sosial dimana didalamnya terdapat kegiatan mempengaruhi perilaku seseorang atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan bersamaan. Selanjutnya Stephen P Robbins berpendapat bahwa kepemimpinan sebagai kemampuan untuk memengaruhi suatu kelompok menuju pencapaian sebuah visi atau tujuan yang ditetapkan (2015: 249).
McFarland dalam Danim (2004:55),  berpendapat bahwa kepemimpinan dimaknai sebagai suatu proses di mana pemimpin dilukiskan akan memberi perintah atau pengaruh, bimbingan atau proses mempengaruhi pekerjaan orang lain dalam memilih dan mancapai tujuan yang telah ditetapkan. Pengertian yang lebih luas diberikan oleh Sutista dalam Danim (2004:55), bahwa kepemimpinan adalah kemampuan mengambil inisiatif dalam situasi sosial untuk menciptakan bentuk dan prosedur baru, merancang dan mengatur perbuatan dan dengan berbuat begitu membangkitkan kerjasama kearah tercapainya tujuan.  Pemimpin itu sendiri berarti orang yang memimpin, orang yang memegang tangan sambil berjalan  untuk menuntun, menunjukkan jalan orang yang dibimbing, orang yang menunjukkan jalan dalam arti kiasan, orang yang melatih, mendidik, mengajari supaya akhirnya dapat mengerjakan sendiri (Pusat Bahasa Depdiknas, 2003).
Dari beberapa definisi kepemimpinan di atas dapat disimpulkan bahwa kepemimpinan adalah setiap tindakan yang merupakan proses sosial untuk mempengaruhi, mengkoordinasi, memberi arah  seseorang atau sekelompok orang untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan-tujuan yang telah ditetapkan, sehingga dapat terpenuhinya baik kepentingan pribadi anggota kelompok maupun kepentingan bersama. Maka, dari uraian-uraian tentang pengertian kepemimpinan diatas, dapat diidentifikasikan unsur-unsur utama sebagai esensi kepemimpinan, yaitu:
a.    Unsur pemimpin atau orang yang mempengaruhi
b.    Unsur orang yang dipimpin sebagai pihak yang dipengaruhi
c.    Unsur interaksi atau kegiatan/usaha dan proses mempengaruhi
d.   Unsur tujuan atau visi yang hendak dicapai dalam proses mempengaruhi

e.    Unsur perilaku/kegiatan yang dilakukan sebagai hasil mempengaruhi.

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

RPP Pembelajaran Kelas Rangkap