Modul Guru Pembelajar Guru Kelas SD
JUDUL MODUL GURU PEMBELAJAR
GURU KELAS SD
Program guru pembelajar secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru, baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya, menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya, melalui berbagai moda dan media, di berbagai pusat belajar. Pada program guru pembelajar ini Pemerintah meluncurkan Modul sebagai bahan pembelajaran guru.
Modul Guru Pembelajar dikembangkan berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Guru Mata Pelajaran pada Permendiknas no 16 tahun 2016. Berikut adalah tahapan pengembangan modul guru pembelajar:
Gambar 1. Tahapan Pengembangan Modul Guru Pembelajar
Modul Guru Pembelajar adalah substansi materi yang dikemas guna membantu guru mencapai kompetensi yang telah ditetapkan, terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Modul Guru Pembelajar pada intinya merupakan model bahan belajar (learning material) yang menuntut peserta pelatihan untuk belajar lebih mandiri dan aktif.
Adapun struktur modul dari Guru Pembelajar Guru Kelas SD, yaitu
1. Guru Kelas Bawah
- Modul Pedagogik
Kelompok
Kompetensi
|
Modul
Pedagogik Guru Kelas Bawah
|
A
|
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta
Didik
|
B
|
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
|
C
|
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah
Dasar
|
D
|
Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
|
E
|
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
F
|
Komunikasi Efektif
|
G
|
Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
|
H
|
Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
|
I
|
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah
Dasar
|
J
|
Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
|
- Modul Profesional
Kelompok
Kompetensi
|
Modul
Profesional Guru Kelas Bawah
|
A
|
Penguasaan dan Ketrampilan Berbahasa
Indonesia
|
B
|
Genre
dan Apresiasi Sastra
|
C
|
Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
|
D
|
Kajian
Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
|
E
|
Kajian Materi IPA Sekolah Dasar Kelas Awal
|
F
|
Kajian
Materi IPS Sekolah Dasar Kelas Awal
|
G
|
Hakikat Pembelajaran PPKn
|
H
|
Pengembangan
Materi Ajar di Sekolah Dasar
|
I
|
TIK untuk Pengembangan Diri Guru
|
J
|
Pengembangan
Keprofesian melalui Tindakan Reflektif
|
2. Guru Kelas Tinggi
- Modul Pedagogik
Kelompok
Kompetensi
|
Modul Pedadgogik
Guru Kelas Tinggi
|
A
|
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
|
B
|
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
|
C
|
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
|
D
|
Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
|
E
|
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
|
F
|
Komunikasi Efektif
|
G
|
Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
|
H
|
Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
|
I
|
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
|
J
|
Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
|
- Modul Profesional
Kelompok
Kompetensi
|
Modul
Profesional Guru Kelas Tinggi
|
A
|
Kajian
Materi Bahasa dan Sastra Indonesia SD
|
B
|
Kajian
Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
|
C
|
Kajian
Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
|
D
|
Makhluk
Hidup dan Lingkungan Sekitar
|
E
|
Materi
dan Energi
|
F
|
Kajian
Materi IPS SD Kelas Tinggi
|
G
|
Penerapan Nilai, Norma, Moral Pancasila
|
H
|
Perlindungan HAM dan Penegakan Hukum
|
I
|
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
|
J
|
TIK
dan Tindakan Reflektif untuk Pengembangan Keprofesian
|
Comments
Post a Comment