Modul Guru Pembelajar Guru Kelas SD

JUDUL MODUL GURU PEMBELAJAR 

GURU KELAS SD

Program guru pembelajar secara umum bertujuan untuk meningkatkan kompetensi  guru, baik pedagogik maupun profesional, serta memiliki performa sebagai pendidik dan pemimpin bagi peserta didiknya, menjadi contoh tentang ketangguhan, optimisme dan keceriaan bagi peserta didiknya, melalui berbagai moda dan media, di berbagai pusat belajar. Pada program guru pembelajar ini Pemerintah meluncurkan Modul sebagai bahan pembelajaran guru. 

Modul  Guru Pembelajar dikembangkan berdasarkan Kompetensi Inti dan Kompetensi Guru Mata Pelajaran pada Permendiknas no 16 tahun 2016.  Berikut adalah tahapan pengembangan modul guru pembelajar:
Gambar 1. Tahapan Pengembangan Modul Guru Pembelajar

Modul Guru Pembelajar adalah substansi materi yang dikemas guna membantu guru mencapai kompetensi yang telah ditetapkan, terutama kompetensi pedagogik dan kompetensi profesional. Modul Guru Pembelajar pada intinya merupakan model bahan belajar (learning material) yang menuntut peserta pelatihan untuk belajar lebih mandiri dan aktif.

Adapun struktur modul dari Guru Pembelajar Guru Kelas SD, yaitu

1. Guru Kelas Bawah
  • Modul Pedagogik
Kelompok Kompetensi
Modul Pedagogik Guru Kelas Bawah
A
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
B
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
C
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
D
Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
E
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
F
Komunikasi Efektif
G
Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
H
Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
I
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
J
Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
  • Modul Profesional
Kelompok Kompetensi
Modul Profesional Guru Kelas Bawah
A
Penguasaan dan Ketrampilan Berbahasa Indonesia
B
Genre dan Apresiasi Sastra
C
Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
D
Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
E
Kajian Materi IPA Sekolah Dasar Kelas Awal
F
Kajian Materi IPS Sekolah Dasar Kelas Awal
G
Hakikat Pembelajaran PPKn
H
Pengembangan Materi Ajar di Sekolah Dasar
I
TIK untuk Pengembangan Diri Guru
J
Pengembangan Keprofesian melalui Tindakan Reflektif

2. Guru Kelas Tinggi
  • Modul Pedagogik
Kelompok Kompetensi
Modul Pedadgogik Guru Kelas Tinggi
A
Karakteristik dan Pengembangan Potensi Peserta Didik
B
Teori Belajar dan Prinsip Pembelajaran
C
Pengembangan dan Pelaksanaan Kurikulum di Sekolah Dasar
D
Metodologi Pembelajaran Sekolah Dasar
E
Penilaian Proses dan Hasil Belajar
F
Komunikasi Efektif
G
Perancangan Pembelajaran yang Mendidik
H
Pemanfaatan Hasil Penilaian Pembelajaran
I
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
J
Refleksi Pembelajaran dan Tindak Lanjutnya melalui PTK
  • Modul Profesional
Kelompok Kompetensi
Modul Profesional Guru Kelas Tinggi
A
Kajian Materi Bahasa dan Sastra Indonesia SD
B
Kajian Bilangan dan Statistika Sekolah Dasar
C
Kajian Geometri dan Pengukuran Sekolah Dasar
D
Makhluk Hidup dan Lingkungan Sekitar
E
Materi dan Energi
F
Kajian Materi IPS SD Kelas Tinggi
G
Penerapan Nilai, Norma, Moral Pancasila
H
Perlindungan HAM dan Penegakan Hukum
I
Pemanfaatan TIK dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar
J
TIK dan Tindakan Reflektif untuk Pengembangan Keprofesian

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

Faktor-faktor Pendorong Timbulnya Filsafat Ilmu