Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301
Soal
Beserta Pembahasan Kunci Jawaban Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301
1. Dari
berbagai definisi yang dikemukakan oleh para ahli, dapat disimpulkan bahwa tes
merupakan alat ukur untuk memperoleh informasi tentang
A. hasil belajar siswa
B. kinerja guru
C. mutu pendidikan
D. kemajuan sekolah
Jawab:
A. Benar, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
A. hasil belajar siswa
B. kinerja guru
C. mutu pendidikan
D. kemajuan sekolah
Jawab:
A. Benar, karena fungsi tes adalah untuk mengukur hasil belajar setelah mengikuti program pembelajaran
2.
Pernyataan yang menunjukkan perbedaan antara asesmen dan evaluasi dalam
pembelajaran adalah ....
A. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
Jawab:
B. Benar, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
A. asesmen adalah keputusan sedangkan evaluasi proses pengambilan keputusan
B. lingkup asesmen adalah individu siswa sedangkan lingkup evaluasi adalah program pendidikan.
C. asesmen identik dengan tes sedangkan evaluasi identik dengan nontes
D. asesmen bersifat kualitatif sedangkan evaluasi bersifat kuantitatif
Jawab:
B. Benar, karena antara asemen dan evaluasi adalah suatu penilaian yang berbeda ruang lingkupnya
3. Suatu
kegiatan yang bertujuan untuk memperoleh informasi tentang efektivitas suatu
program pembelajaran disebut ....
A. tes
B. evaluasi.
C. pengukuran
D. asesmen
Jawab:
B. Benar, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
A. tes
B. evaluasi.
C. pengukuran
D. asesmen
Jawab:
B. Benar, karena fungsi/kedudukan evaluasi adalah untuk mengukur efektivitas setiap komponen dalam program pembelajaran
4.
Penilaian yang dilakukan oleh seorang guru harus dapat menilai kemampuan siswa
sesuai dengan tuntutan kurikulum dan meliputi berbagai aspek. Hal ini sesuai
dengan prinsip ….
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
Jawab:
B. Benar, karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
A. terbuka
B. menyeluruh.
C. bermakna
D. adil
Jawab:
B. Benar, karena menyeluruh berarti sesuai dengan kurikulum dan meliputi aspek kognitif, afektif dan psikomotor
5.
Pergeseran paradigma dalam penilaian hasil belajar akhir-akhir ini disebabkan
oleh suatu pendapat bahwa ....
A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
B. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
C. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
D. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat
Jawab:
C. Benar, karena tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat diukur dengan tes
A. terjadi perkembangan kurikulum yang sangat pesat
B. terjadi perkembangan iptek di bidang penilaian hasil belajar
C. tes tidak mampu mengukur kemampuan siswa yang sebenarnya
D. tes tidak mampu mengukur kinerja guru secara akurat
Jawab:
C. Benar, karena tujuan penilaian hasil belajar adalah untuk mengukur kemampuan siswa secara nyata yang tak dapat diukur dengan tes
6.
Berdasarkan hasil tes, para siswa dikelompokkan menjadi beberapa kelas sesuai
dengan tingkat IQ nya. dilihat dari fungsinya maka tes tersebut termasuk pada
jenis tes ....
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. bakat
Jawab:
B. Benar, karena fungsi tes penempatan adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan
A. seleksi
B. Penempatan
C. Pre Test-pos test
D. bakat
Jawab:
B. Benar, karena fungsi tes penempatan adalah untuk menempatkan/mengelompokkan siswa sesuai dengan tingkat kemampuan
7. Untuk
mengukur kemampuan kognitif tinggi dan menghindari tebakan dalam menjawab soal,
ragam tes pilihan ganda yang paling tepat adalah ....
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda
Jawab:
C. Benar, karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
A. melengkapi pilihan
B. hubungan antar hal
C. membaca diagram.
D. melengkapi berganda
Jawab:
C. Benar, karena diperlukan tingkat kognitif tinggi untuk membaca diagram dengan benar
8. Berikut
ini adalah kelemahan-kelemahan dari tes dalam bentuk objektif, kecuali ....
A. mudah melakukan koreksi
B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C. sulit dalam penyusunan butir soal
D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide
Jawab:
A. Benar, karena pilihan jawaban A adalah salah satu kelebihan tes objektif
A. mudah melakukan koreksi
B. cenderung untuk mengukur tingkat kognitif rendah
C. sulit dalam penyusunan butir soal
D. tidak dapat digunakan untuk menggali ide
Jawab:
A. Benar, karena pilihan jawaban A adalah salah satu kelebihan tes objektif
9. Sesuai
dengan karakteristik tes dalam bentuk uraian/mampu mengukur proses berpikir
tinggi, maka unjuk kerja siswa yang paling tepat diukur dengan tes uraian
adalah ….
A. mengingat
B. memahami
C. menerapkan
D. menganalisis
Jawab:
D. Benar, karena mengabaikan keseimbangan badan merupakan hal yang harus dihindari
A. mengingat
B. memahami
C. menerapkan
D. menganalisis
Jawab:
D. Benar, karena mengabaikan keseimbangan badan merupakan hal yang harus dihindari
10.
Perhatikan butir soal uraian berikut.
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Jawab:
C. Benar, karena soal tersebut memang jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah
Sebutkan 3 buah sungai di proninsi Jawa Barat yang bermuara di Laut Jawa.
Butir soal tersebut ….
A. cukup bagus karena jumlah sungai yang ditanyakan sudah terukur
B. cukup bagus karena ditulis dengan bahasa yang mudah dimengerti
C. jelek karena hanya megukur tingkat berpikir rendah /ranah ingatan
D. jelek karena ditulis dalam kalimat yang sangat pendek
Jawab:
C. Benar, karena soal tersebut memang jelek karena hanya mengukur tingkat berpikir rendah
11. Salah
satu indikator yang yang dapat menunjukkan kualitas butir tes uraian yang baik
adalah ....
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
Jawab:
A. Benar, karena ungkapan pendapat adalah tingkat berpikir tinggi
A. menuntut jawaban berupa ungkapan pendapat siswa
B. menuntut jawaban berupa fakta-fakta yang sebenarnya
C. ditulis dalam bahasa Indonesia yang baik dan benar
D. ditulis oleh guru yang mengajar dikelas dikelas
Jawab:
A. Benar, karena ungkapan pendapat adalah tingkat berpikir tinggi
12. Berikut
ini adalah hal-hal yang harus diperhatikan dalam penulisan butir soal tes
objektif, kecuali ....
A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
B. hindari pengulangan kata pada pokok soal
C. satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
D. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
Jawab:
D. Benar, karena dalam satu soal harus ada lebih dari satu jawaban
A. hindari petunjuk ke arah jawaban yang benar
B. hindari pengulangan kata pada pokok soal
C. satu soal hanya ada satu jawaban yang benar
D. satu soal hanya ada satu alternatif jawaban
Jawab:
D. Benar, karena dalam satu soal harus ada lebih dari satu jawaban
13. Berikut
ini merupakan faktor-faktor yang perlu diperhatikan dalam pengembangan
kisi-kisi tes uraian, kecuali ....
A. penentuan alokasi waktu
B. penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D. pendiatribusian butir soal
Jawab:
C. Benar, karena indikator sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP
A. penentuan alokasi waktu
B. penentuan pokok bahasan
C. penentuan indikator/tujuan
D. pendiatribusian butir soal
Jawab:
C. Benar, karena indikator sudah dikembangkan pada saat pembuatan RPP
14.
Perhatikan butir soal berikut!
Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
a. tahun 1850 c. tahun 2001
b. tahun 1951 d. tahun 2005
Butir soal tersebut tidak baik karena...
A. ada pengulangan kata tahun
B. mengukur ingatan
C. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
D. pertanyaan terlalu singkat
Jawab:
A. Benar, karena kata tahun dapat ditarik pada pokok soal
Letusan gunung Kelud yang cukup besar terjadi pada ....
a. tahun 1850 c. tahun 2001
b. tahun 1951 d. tahun 2005
Butir soal tersebut tidak baik karena...
A. ada pengulangan kata tahun
B. mengukur ingatan
C. pokok soal merupakan kalimat yang belum selesai
D. pertanyaan terlalu singkat
Jawab:
A. Benar, karena kata tahun dapat ditarik pada pokok soal
15.
Penggunaan asesmen alternatif dalam penilaian hasil belajar siswa disebabkan
adanya pendapat dari para ahli bahwa tes tertulis ....
A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
B. tidak ditulis oleh guru yang mengajar
C. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
D. lebih bersifat bottom-up
Jawab:
C. Benar, karena tes tertulis kurang tepat untuk mengukur ranah afektif dan psikomotor
A. lebih banyak ditulis dalam bentuk objektif
B. tidak ditulis oleh guru yang mengajar
C. hanya cocok untuk mengukur ranah kognitif
D. lebih bersifat bottom-up
Jawab:
C. Benar, karena tes tertulis kurang tepat untuk mengukur ranah afektif dan psikomotor
16. Konsep
baru akan terbentuk berdasarkan rekonstruksi dari konsep, pengetahuan, dan
pengalaman yang telah dimiliki. Pendapat ini dikemukakan oleh ....
A. R Spiro
B. Brunner
C. Wittrock
D. Rogers
Jawab:
B. Benar, karena menurut Brunner belajar merupakan proses rekonstruksi gagasan baru berdasarkan gagasan lama
17. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
A. biaya asesmen alternatif lebih murah
B. waktu yang diperlukan lebih singkat
C. mampu mengukur proses dan hasil belajar
D. lebih mudah dalam pelaksanaannya
Jawab:
C. Benar, karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
18. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
A. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
B. mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
C. dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
D. disertai dengan kunci jawaban yang objektif
Jawab:
B. Benar, karena kemampuan siswa terdiri atas kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
19. langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
A menentukan tugas yang akan dinilai
B. menentukan skala yang akan digunakan
C. melakukan uji coba
D. mengindentifikasi kemampuan siswa
Jawab:
D. Benar, karena langkah paling awal adalah indentifikasi kemampuan yang akan diakses
20. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
A. saran guru lain
B. hasil uji coba.
C. saran kepala sekolah
D. pertimbangan guru
Jawab:
B. Benar, karena berdasarkan hasil uji coba masukan akan lebih lengkap
21. Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
A. umum
B. khusus
C. pendek
D. panjang
Jawab:
A. Benar, karena holistik rubrik untuk menilai kemampuan yang bersifat umum
22. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
Jawab:
A. Benar, karena portofolio adalah kumpulan hasil karya
23. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A. kriteria tertentu
B. kebijakan guru
C. keinginan siswa
D. kebijakan sekolah
Jawab:
A. Benar, karena dalam pengumpulan hasil karya harus disesuaikan dengan kriteria tertentu/yang telah ditetapkan
A. R Spiro
B. Brunner
C. Wittrock
D. Rogers
Jawab:
B. Benar, karena menurut Brunner belajar merupakan proses rekonstruksi gagasan baru berdasarkan gagasan lama
17. Pentingnya penerapan asesmen alternatif di bidang pendidikan dibandingkan dengan asesmen tradisional dapat dinyatakan dalam pernyataan berikut ....
A. biaya asesmen alternatif lebih murah
B. waktu yang diperlukan lebih singkat
C. mampu mengukur proses dan hasil belajar
D. lebih mudah dalam pelaksanaannya
Jawab:
C. Benar, karena asesmen alternatif mampu mengukur proses dan hasil belajar
18. Salah satu kelebihan asesmen alternatif dalam penilaian , karena dapat menyajikan penilaian yang lebih lengkap, yang berarti ....
A. mampu menyajikan nilai pretest dan post-tes
B. mampu menilai aspek kognitif, afektif dan psikomotor
C. dapat digunakan untuk berbagai jenis tes
D. disertai dengan kunci jawaban yang objektif
Jawab:
B. Benar, karena kemampuan siswa terdiri atas kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor
19. langkah pertama yang harus dilakukan guru pada saat menyusun tugas dalam rangka asesmen hasil belajar adalah ....
A menentukan tugas yang akan dinilai
B. menentukan skala yang akan digunakan
C. melakukan uji coba
D. mengindentifikasi kemampuan siswa
Jawab:
D. Benar, karena langkah paling awal adalah indentifikasi kemampuan yang akan diakses
20. Sebelum digunakan dalam penilaian hasil dan perkembangan kemajuan siswa dalam belajar, harus dilakukan revisi rubrik berdasarkan ….
A. saran guru lain
B. hasil uji coba.
C. saran kepala sekolah
D. pertimbangan guru
Jawab:
B. Benar, karena berdasarkan hasil uji coba masukan akan lebih lengkap
21. Jika dibandingkan dengan analitic rubric, deskripsi pada holistic rubric lebih bersifat ....
A. umum
B. khusus
C. pendek
D. panjang
Jawab:
A. Benar, karena holistik rubrik untuk menilai kemampuan yang bersifat umum
22. Dari banyaknya definisi /batasan yang dikemukakan oleh para ahli, namun esensi dari pengertian penilaian portofolio adalah ....
A. kumpulan hasil karya siswa.
B. rekaman hasil karya siswa
C. rangkaian hasil karya siswa
D. kumpulan nilai siswa
Jawab:
A. Benar, karena portofolio adalah kumpulan hasil karya
23. Hasil karya siswa yang dapat dimasukkan ke folder portofolio adalah yang telah melalui proses seleksi sesuai dengan ....
A. kriteria tertentu
B. kebijakan guru
C. keinginan siswa
D. kebijakan sekolah
Jawab:
A. Benar, karena dalam pengumpulan hasil karya harus disesuaikan dengan kriteria tertentu/yang telah ditetapkan
24. Langkah
awal yang harus dilakukan gguru pada tahap pelaksanaan dalam kegiatan asesmen
portofolio
A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
B. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
A. melalukan kegiatan yang dapat memotivasi siswa
B. menentukan jenis-jenis bukti yang harus dikumpulkan
C.
mengawasi pelaksanaan tugas yang dilakukan siswa
D.
memberikan umpan balik terhaap hasil karya siswa
Jawab:
B. Benar,
karena jenis-jenis bukti yang harus dirumuskan supaya jelas
25. Salah
satu cara yang dapat dilakukan guru untuk memotivasi siswa agar para siswa
tersebut bersemangat melakukan tugas dengan baik adalah....
A.
mengatakan bahwa para siswa harus bekerja keras
B.
menghukum siswa yang tidak dapat bekerja dengan baik
C.
meyakinkan bahwa siswa pasti mampu melaksanakan tugas.
D.
meyakinkan bahwa guru tidak akan berbuat curang dalam penilaian
Jawab:
C. Benar,
karena dengan kata-kata itu anak akan lebih percaya diri
26. Jika
terjadi perubahan kriteria penilaian portofolio yang disebabkan oleh berbagai
hal dan pertimbangan, maka masalah tersebut harus dibicarakan pada pertemuan
berkala antara ...
A. guru
dengan kepala sekolah
B. guru
dengan siswa.
C. siswa
dengan kepala sekolah
D. siswa
dengan siswa lain
Jawab:
B. Benar,
karena mereka adalah pihak yang terlibat dalam penilaian portofolio
27. Pada
tingkat receiving, gejala yang dapat diamati dari siswa yang sedang menerima
pelajaran sejarah di kelas adalah ....
A.
mengajukan pertanyaan
B. menjawab
pertanyaan
C.
memperhatikan uraian guru dengan baik
D.
mengerjakan soal-soal yang diberikan
Jawab:
C. Benar,
karena dengan memusatkan perhatian berarti siswa menerima nilai yang diuraikan
guru
28. Tujuan
yang ingin dicapai pada suatu kegiatan dalam rangka menemukan konsep diri siswa
adalah agar siswa tersebut mampu mengetahui ....
A.
kekurangan yang ada pada diri siswa
B. kelebihan
yang ada pada diri siswa
C.
kekurangan dan kelebihan siswa
D.
cita-cita para siswa
Jawab:
C. Benar,
karena konsep diri meliputi kelebihan dan kekurangan
29. Seorang
guru ingin mengetahui sikap/reaksi siswa terhadap peristiwa Tsunami di Aceh
yang diputar dari VCD. Cara penilaian yang paling tepat untuk mengukur reaksi
/emosi anak adalah ….
A.
pengamatan langsung
B.
wawancara
C. angket
D.
kuesioner
Jawab:
A. Benar,
karena dengan pengamatan langsung akan terlihat reaksi/emosi siswa yang
sebenarnya
30. Seorang
guru ingin mengetahui sikap siswa terhadap kegiatan pramuka sebagai salah satu
pilihan dalam kegiatan ekstrakurikuler. Rumusan tujuan yang paling tepat dalam
kegiatan pengukuran ini adalah ….
A.
mengetahui jenis kegiatan pramuka yang dilaksanakan di sekolah
B.
mengetahui jumlah siswa yang memilih pramuka sebagai ekskul
C.
menjaring pendapat siswa tentang kegiatan pramuka di sekolah
D.
menjaring calon peserta kegiatan pramuka disekolah
Jawab:
C. Benar,
karena pendapat dapat menunjukkan sikap seseorang suatu hal
31. Untuk
mencegah terjadinya jawaban siswa yang sangat beragam, jenis tes uraian yang
paling tepat digunakan adalah ….
A. tes
uraian bebas
B. tes
uraian terbatas
C. yang
sederhana
D. yang
sangat kompleks
Jawab:
B. Benar,
karena jawaban dibatasi oleh format dan ruang lingkup
32. Untuk
menghindari terjadinya hallo effect dalam pemeriksaan hasil tes uraian, cara
yang paling tepat dilakukan adalah ....
A. nama dan
nomor peserta tes diganti dengan kode lain
B.
pemeriksaan dilakukan oleh 2 orang pemeriksa
C. lakukan
penyamaan persepsi antara pemeriksa I dan II
D.
berpegang pada pedoman penskoran
Jawab:
A. Benar,
karena dengan cara ini pemeriksa tidak terpengaruh dengan peserta tes tertentu
33. Dari 30
butir soal tes objektif, Sila mampu mengerjakan 24 butir soal dengan benar.
Jika penilaian menggunakan standar 100 dan tidakmenggunakan formula tebakan,
maka nilai Sila adalah ....
A. 24.00
B. 60,00
C. 70,00
D. 80,00
Jawab:
D. Benar,
karena angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus
34. Jika
jumlah skor yang diperoleh Ali 35, sedangkan jumlah skor maksimal dari tes
dalam bentuk uraian adalah 45, maka persentase penguasaan Ali adalah ....
A. 10,77
B. 77,77
C. 80,77
D. 90,77
Jawab:
B. Benar,
karena angka itu menunjukkan hasil yang benar sesuai rumus
35. Hasil
pengamatan/obervasi terhadap suatu kegiatan siswa dapat dikelompokkan
berdasarkan ....
A. tujuan
pembelajaran
B. pedoman
penilaian
C.
kebijakan guru
D. kriteria
yang telah ditetapkan
Jawab:
D. Benar,
karena pengelompokkan harus sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan
36. Dari 25
soal ulangan umum untuk mata pelajaran bahasa Indonesia, Ali mengerjakan 17
butir soal dengan benar. Sementara kawan yang terpandai hanya 1 butir soal yang
salah, dan anak yang terbodoh di kelas itu hanya mampu mengerjakan 5 butir soal
dengan benar. Jika pendekatan kriteria dengan skala 100 yang digunakan, maka
nilai ulanagan umum bahasa Indonesia yang diperoleh Ali adalah ….
A. 17,00
B. 24,00
C. 68,00
D. 96,00
Jawab:
C. Benar,
karena angka itu merupakan nilai untuk skor 17
37. Suatu
tes yang baik adalah apabila digunakan beberapa kali, menunjukkan hasil yang
relatif sama. Pernyataan ini menunjukkan persyaratan tentang butir soal yang
baik dilihat dari segi ....
A.
validitas
B.
reliabilitas
C.
capabilitas
D.
crediibilitas
Jawab:
B. Benar,
karena reliabel berarti tetap atau konsisten
38. Kaitan
antara validitas dan reliabilitas yang dapat menunjukkan kualitas tes yang baik
adalah ….
A. tingkat
validitas dan reliabilitas tinggi
B. tingkat
validitas dan reliabilitas rendah
C. tingkat
validitas tinggi, dan tingkat reliabilitas rendah
D. tingkat
validitas rendah, tingkat reliabilitas tinggi
Jawab:
A. Benar,
karena soal yang baik harus memiliki tingkat validitas dan reliabilitas yang
tinggi
39.
Reliabilitas suatu tes dapat ditingkatkan dengan cara ....
A. menambah
jumlah butir soal semaksimal mungkin
B. menambah
jumlah butir soal yang homogen
C.
mengurangi jumlah butir soal yang dianggap jelek
D.
mengganti soal-soal yang dianggap jelek
Jawab:
B. Benar,
karena semakin banyak jumlah utir soal yang homogen akan semakin tinggi tingkat
reabilitasnya
40.
Reliabilitas suatu tes yang terdiri dari 40 butir soal adalah 0,45. Setelah
ditambah dengan 20 butir soal yang homogen, maka tingkat reliabilitasnya akan
menjadi ....
A. 0,51
B. 0,53
C. 0,55
D. 0,67
Jawab:
C. Benar,
karena hasil hitungan benar
41. Dengan
melakukan analisis butir soal , kemampuan guru dalam menulis soal akan
meningkat, karena mereka terlatih dalam melakukan ....
A.
perhitungan skor
B.
perhitungan koefisien
C.
penulisan butir soal
D.
perbaikan butir soal.
Jawab:
D. Benar,
karena dengan melakukan perbaikan berarti mengetahui kesalahan
42. Berikut
ini adalah data tentang jawaban siswa pada suatu butir soal
Dari tabel
tersebut, angka yang menunjukkan tingkat kesukaran butir soal adalah …
A. 0,40
B. 0,50
C. 0,70
D. 1,00
Jawab:
B. Benar,
karena hitungan benar
43. Dalam
menjawab butir soal nomor 5, 7 dari siswa kelompok atas menjawab benar dan
hanya 2 dari 10 siswa kelompok bawah yang menjawab benar. Daya beda butir soal
tersebut adalah ….
A. 0,20
B. 0,50.
C. 0,70
D. 0,80
Jawab:
B. Benar,
karena hitungan betul
44. Berikut
ini adalah data jawaban siswa dari butir soal no. 3.
Dari data
di atas, maka butir soal tersebut perlu direvisi pada ….
A. pokok
soal
B. kunci
jawaban
C. option B
D. option C
Jawab:
D. Benar,
karena option C tak ada yang menjawab
45. Seorang
guru melakukan tes untuk mengetahui kompetensi yang telah atau belum dikuasai
siswa. Hal ini sesuai dengan salah satu tujuan penilaian kelas, yaitu ....
A.
penelusuran
B.
pengecekan
C.
pencarian
D.
penyimpulan
Jawab:
B. Benar,
karena yang dicek adalah kemampuan siswa
46. Jika
diketahui bahwa dari hasil tes formatif terdapat 3 dari 8 soal yang diberikan
hampir semua siswa tidak dapat menjawab dengan benar, maka tindakan guru yang
sebaiknya dilakukan adalah ….
A.
melanjutkan ke pokok bahasan berikutnya
B.
menjelaskan kembali seluruh materi pelajaran
C.
menjelaskan kembali materi yang belum difahami siswa
D.
melakukan pembelajaran remidi terhadap siswa yang menjawab salah
Jawab:
C. Betul
karena pembelajaran lebih efisien dan efektif
47.
Besarnya angka yang dapat menunjukkan standar ketuntasan belajar minimal (SKBM)
pada suatu mata pelajaran tertentu ditetapkan berdasarkan ....
A.
kebijakan pemerintah daerah setempat.
B.
keputusan pemerintah pusat
C.
keputusan kepala sekolah
D.
keputusan komite sekolah
Jawab:
A. Benar,
karena kemampuan rata-rata siswa tiap daerah berbeda sesuai dengan situasi dan
kondisi daerah setempat
48.
Perhatikan tabel berikut yang menunjukkan nilai ujian yang diperoleh Nana.
Berdasarkan
data tersebut, dapat disimpulkan bahwa Nana …
A. lulus
karena jumlah nilai yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM
B. lulus
karena nilai rata-rata yang diperoleh lebih tinggi dari SKBM
C. tidak
lulus, karena nilai matematika di bawah SKBM
D. tidak
lulus, nilai rata-rata diatas SKBM
Jawab:
C. Benar,
karena persyaratan lulus seluruh nilai mata pelajaran harus sama/di atas SKBM
49. Dengan
melihat hasil pre-test, seorang guru dapat mengetahui bahwa 3 dari 8 soal yang
diberikan mampu dijawab hampir seluruh siswa dengan benar. Jika Anda sebagai
guru, manfaat apa yang dapat dipetik dari informasi tadi.
A.
Mengajarkan seluruh materi sesuai dengan kurikulum agar penguasaan siswa lebih
baik
B. 3 dari 8
soal tersebut tidak akan ditanyakan lagi pada saat melakukan post-test
C. Materi
yang telah dikuasai siswa tidak perlu diajarkan lagi pada proses kegiatan
belajar mengajar.
D.
melaksanakan pelajaran remedial untuk materi yang belum dikuasai siswa
berdasarkan hasil pre-test
Jawab:
C. Benar,
karena waktu untuk mengajarkan materi yang 3 soal tadi dapat digunakan untuk
memperdalam materi lain
50.
Berdasarkan hasil penilaian portofolio, guru lebih mudah melakukan perbaikan
dalam pembelajaran, karena dengan penilaian ini ….
A. dapat
diketahui kemampuan yang belum dikuasai siswa
B. data
nilai yang terkumpul lebih lengkap
C.
pelaksanaan penilaian lebih mudah
D. nilai
yang terkumpul lebih sempurna
Jawab:
A. Benar,
karena arah pembelajaran lebih tertuju pada kemampuan yang belum dikuasai siswa
Comments
Post a Comment