RPP Pembelajaran Kelas Rangkap

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP

MODEL 221






Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Kelas Rangkap
PDGK 4302




Oleh :
HESTI DARYADI
NIM:  825210948



KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA

FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN

UNIVERSITAS TERBUKA UPBJJ BOGOR

PROGRAM S1 PGSD
POKJAR KOTA SUKABUMI

2016.1

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 221


Nama Sekolah        : SD Negeri 2 Cidadap
Mata Pelajaran       : 1. Matematika
                                 2. IPA
Kelas / Semester    : 1. V (Lima) / II (Dua)
                                 2. VI (Enam) / II (Dua)
Alokasi Waktu       : 2 x 35 Menit


A.  Standar Kompetensi
Kelas V
6.    Memahami sifat-sifat bangun dan hubungan antar bangun

Kelas VI
9.    Memahami matahari sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya

B.  Kompetensi Dasar
Kelas V
6.1  Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar

Kelas VI
9.1. Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya.

C.  Indikator
Kelas V
Kelas VI
·       Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium
·       Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajar genjang
·       Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat
·       Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang
·       Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar lingkaran
·       Menggambar bangun datar trapesium
·       Menggambar bangun datar jajar genjang
·       Menggambar bangun datar belah ketupat
·       Menggambar bangun datar layang-layang
·       Menggambar bangun datar lingkaran
·      Menjelaskan susunan tata surya
·      Mengenali planet-planet yang beredar mengelilingi matahari
·      Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
·      Mendiskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya
·      Menginformasikan planet-planet yang mempunyai satelit
·      Menjelaskan sifat-sifat planet/ satelit dan tata surya
·      Menentukan posisi planet-planet dalam tata surya




D.  Tujuan Pembelajaran
Kelas V
Kelas VI
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta didika diharapakan  dapat : meng-identifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium; mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajar genjang; mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat; mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang; mengiden-tifikasi sifat-sifat bangun datar lingkaran; menggambar bangun datar trapesium; menggambar bangun datar jajar genjang; menggambar bangun datar belah ketupat; menggambar bangun datar layang-layang; dan menggambar bangun datar lingkaran.
Setelah mengikuti proses pembelajaran, Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan susunan tata surya; mengenali planet-planet yang beredar mengelilingi matahari; mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya; mendiskripsikan peredaran planet-planet di dalam tata surya; menginformasikan planet-planet yang mempunyai satelit; menjelaskan sifat-sifat planet/ satelit dan tata surya; menentukan posisi planet-planet dalam tata surya.


E.  Pendidikan Karakter Bangsa yang Diharapkan
Kelas V
Kelas VI
Ketelitian, Kerja sama, Berani,  Kerja keras dan Bersahabat (Komunikatif)
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif

F.   Materi Pembelajaran
Kelas V
Bangun Datar dan Sifat-sifatnya

Kelas VI
Bumi dan Alam Semesta
Tata Surya

G. Metode Pembelajaran
Kelas V
Metode       : Ekspositori, Demonstrasi,Tanya jawab, Diskusi
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
Model         : -

Kelas VI
Metode       : Ekspositori, Tanya Jawab, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan
Pendekatan : cooperative learning, CTL (contextual teaching and learning)
Model         : Jigsaw

H.  Langkah-langkah Pembelajaran
NO
Kelas V
Kelas VI
Alokasi Waktu
1.
Kegiatan Awal
10 Menit

a.       Memberikan motivasi, serta mengkondisikan Peserta didikuntuk mengikuti pembelajaran
b.     Menjelaskan tujuan pembelajaran
c.     Appersepsi: Mengajukan pertanyaan kepada Kelas V mengenai kemampuan awal siswa tentang bangun datar, yaitu:
1)      Apa itu bangun datar?
2)      Sebutkan contoh-contoh bangun datar?
d.    Appersepsi: Mengajukan pertanyaan kepada Kelas VI mengenai kemampuan awal siswa tentang tata surya, yaitu:
3)      Siapa yang sering melihat matahari?
4)      Darimanakah matahari terbit?
5)      Di planet apakah kita tinggal?

2.
Kegiatan Inti
40 Menit

a.      Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1)      Siswa menjelaskan mengenai konsep bangun datar jajargenjang yang diketahui
2)      Guru pun mengomentari jawaban siswa dan menjelaskan bahwa bangun datar jajargenjang
3)      Siswa diberikan kesempatan untuk membuat bangun datar jajargenjang di papan tulis
4)      Siswa menjelaskan mengenai sifat-sifat bangun datar jajargenjang
5)      Guru pun menunjukkan gambar bangun datar jajargenjang dan meminta siswa untuk menyebutkan kembali sifat-sifat bangun datar tersebut
6)      Guru mengomentari jawaban siswa dan memberikan penguatan berupa pujian
a.   Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi:
1)   Guru memperlihatkan gambar sistem tata surya dan mengajak siswa untuk bernyanyi:
Tata Surya
(Nada: Potong Bebek)

Merkurius Venus Bumi Mars Yupiter (2X)
Saturnus Uranus (2X)
Neptunus itu nama-nama planet
2)   Siswa mengamati gambar sistem tata surya
3)   Siswa menyebutkan nama-nama planet yang telah dinyanyikan dengan menunjukkan gambar

b.   Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1)     Siswa dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang
2)     Selanjutnya guru membagikan Lembar Kerja Siswa Kelompok
3)     Guru membimbing siswa dalam mengerjakan tugas dari guru
4)     Guru mengkondisikan setiap kelompok agar dapat bekerjasama dalam mengerjakan tugasnya
5)     Jika sudah selesai, setiap kelompok diminta untuk menuliskan kesimpulannya mengenai konsep bangun datar trapeium, jajargenjang, belah ketupat, layang-layang dan lingkaran berdasarkan sifat-sifatnya yang telah mereka identifikasi
6)     Selanjutnya guru meminta siswa untuk menukarkan hasil pekerjaan kelompoknya dan mengkoreksi hasil pekerjaan temannya dengan bimbingan guru
7)     Siswa diminta untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya dan guru pun memberikan nilai bagi setiap kelompok siswa
8)     Guru pun bertanya kembali kepada siswa mengenai cara menggambar bangun datar jajargenjang
9)     Guru mengomentari jawaban siswa dan menjelaskan bahwa untuk menggambar bangun datar jajargenjang, layang-layang dan lingkaran
10) Guru pun menugaskan kepda setiap siswa untuk menggambar bangun jajargenjang, layang-layang dan lingkaran sesuai dengan langkah-langkah yang dijelaskan guru
11) Untuk menyegarkan suasana guru menyerukan yel-yel dan memberikan ice breaking
b.     Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi:
1)      Guru membagi siswa ke dalam 4 kelompok besar (kelompok asal)
2)      Setiap kelompok asal memegang nomor dari 1-5
3)      Guru meminta siswa dari kelompok asal untuk bergabung dengan teman dari kelompok lain yang mempunyai nomor yang sama.
4)      Siswa yang berkelompok sesuai dengan nomor yang diberikan guru disebut kelompok ahli.
5)      Setiap kelompok ahli diberi tugas oleh guru untuk membahas sebuah planet yang ditunjuk berdasarkan nomor urut planet.
6)      Siswa dalam kelompok ahli membahas sebuah planet yang ditugaskan oleh guru.
7)      Guru meminta perwakilan kelompok ahli untuk tampil ke depan berperan sebagai planet yang dibahasnya, dan guru sebagai matahari juga pusat tata surya.
8)      Guru bersama siswa membuat lintasan planet, dan perwakilan kelompok ahli berdiri di lintasan planet yang mereka bahas, sesuai urutan nama planet.
9)      Guru yang berperan sebagai matahari memberi contoh kepada siswa untuk menjelaskan materi tentang matahari
10)  Guru meminta perwakilan dari kelompok ahli untuk membahas materinya di depan sambil diperagakan oleh model yang di tunjuk.
11)  Guru meminta siswa untuk kembali ke kelompok asal.
12)  Guru membagikan lembar kerja kelompok kepada setiap kelompok asal.
13)  Guru membahas hasi diskusi kelompok siswa.

c.   Konfirmasi
Dalam Kegiatan Konfirmasi:
1)      Guru mengulas kembali secara singkat materi yang kurang dipahami siswa mengenai sifat-sifat bangun datar jajargenjang, belah ketupat, layang-layang dan lingkaran serta cara menggambarnya
2)      Siswa diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami siswa
3)      Guru menjawab pertanyaan siswa
c.      Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi:
1)      Guru memberikan kesempatan kepada Peserta didikuntuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dipahaminya
2)      Guru memotivasi Peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajarnya

3.
Kegiatan Akhir
20 Menit

a.       Guru memberikan soal evaluasi individu kepada siswa yang dikerjakan secara individu berkaitan dengan materi pembelajaran hari ini untuk mengetahui pencapaian indikator (terlampir)
b.      Guru memeriksa hasil pekerjaan siswa dan memberikan nilai terhadap hasil kerja siswa yang sudah dikoreksi
c.       Guru bersama Peserta didik membuat catatan/rangkuman
d.      Guru memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah (terlampir)
e.       Guru menginformasikan materi ajar berikutnya yaitu mengenai sifat-sifat bangun ruang
f.       Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
g.      Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama
a.       Guru memberikan lembar evaluasi individu kepada siswa
b.      Guru membahas lembar evaluasi siswa
c.       Guru bersama Peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman siswa
d.      Guru memberikan penguatan terhadap hasil tugas siswa
e.       Peserta didik bersama guru menyimpulkan materi pelajaran tentang Bumi dan Alam semesta (sistem tata surya)
f.       Guru bersama Peserta didik membuat catatan/rangkuman
g.      Guru memberikan tindak lanjut, berupa PR
h.      Guru menginformasikan materi ajar berikutnya yaitu mengenai sifat-sifat bangun ruang
i.        Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
j.        Guru menutup pelajaran dengan berdoa bersama


I.     Penilaian
Jenis Penilaian                    : Tes, tugas kelompok, tugas mandiri terstruktur
Bentuk Penilaian                : performance, lembar observasi
Instrumen Penilaian            : Lembar kerja kelompok, Lembar evaluasi, Lembar Observasi

J.    Tindak Lanjut
Kelas V
Tugas Mandiri Terstruktur
Buatlah berbagai jenis bangun datar pada sebuah karton!
Kelas VI
Tugas Mandiri Terstruktur
“Gambarlah sistem tata surya pada sebuah karton!”

K. Alat/Sumber Belajar
Kelas V
1.        KTSP
2.        Buku Paket “Gemar Matematika 5” Untuk SD Kelas 5, Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas, Tahun 2008.
3.        Buku Paket “Matematika 5” Untuk SD Kelas 5, Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas, Tahun 2008.
4.        Gambar
Kelas VI
1.        KTSP
2.        Heri Sulistyanto. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 6: Untuk Sd Dan Mi Kelas VI. Jakarta :Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.        S. Rositawaty.2008. Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 6: Untuk Kelas VI Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
4.        Yayat Ibayati. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam: SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
5.        Dwi Suhartanti. 2008. Ilmu Pengtahuan Alam untuk SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
6.        Sularmi. 2009. SAINS: IPA untuk SD/MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
7.        Dianing Pratiwi. 2012. Raja Soal dengan Nilai Sempurna Kelas 6 SD/MI. Jakarta: JAL Publishing

            
Mengetahui:
Kepala Sekolah





Pepen Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002

Sukabumi, 28 April 2016
Mahasiswa,





Hesti Daryadi
NIM. 825 210 948

Menyetujui:
Tutor,




Drs. Aang Zaenudin, M.M.Pd
NIP. 19670415 1997021002


Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

Faktor-faktor Pendorong Timbulnya Filsafat Ilmu