RPP Pembelajaran Kelas Rangkap
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS RANGKAP
MODEL 221
Diajukan
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Pembelajaran Kelas
Rangkap
PDGK 4302
Oleh
:
HESTI
DARYADI
NIM: 825210948
KEMENTERIAN RISET TEKNOLOGI DAN PENDIDIKAN TINGGI REPUBLIK INDONESIA
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
TERBUKA
UPBJJ BOGOR
PROGRAM
S1 PGSD
POKJAR
KOTA SUKABUMI
2016.1
RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
KELAS
RANGKAP
MODEL
221
Nama Sekolah : SD
Negeri 2 Cidadap
Mata Pelajaran : 1.
Matematika
2. IPA
Kelas /
Semester : 1. V (Lima) / II (Dua)
2. VI (Enam) /
II (Dua)
Alokasi Waktu : 2 x 35 Menit
A. Standar Kompetensi
Kelas V
6. Memahami sifat-sifat
bangun dan hubungan antar bangun
Kelas VI
9. Memahami matahari
sebagai pusat tata surya dan interaksi bumi dalam tata surya
B. Kompetensi Dasar
Kelas V
6.1 Mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar
Kelas VI
9.1. Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata
surya.
C. Indikator
Kelas
V
|
Kelas
VI
|
·
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
trapesium
·
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar jajar
genjang
·
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar belah ketupat
·
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
layang-layang
·
Mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar lingkaran
·
Menggambar bangun datar trapesium
·
Menggambar bangun datar jajar genjang
·
Menggambar bangun datar belah ketupat
·
Menggambar bangun datar layang-layang
·
Menggambar bangun datar lingkaran
|
·
Menjelaskan susunan tata surya
·
Mengenali planet-planet yang beredar mengelilingi
matahari
·
Mengurutkan nama-nama planet dalam sistem tata surya
·
Mendiskripsikan peredaran planet-planet di dalam
tata surya
·
Menginformasikan planet-planet yang mempunyai
satelit
·
Menjelaskan sifat-sifat planet/ satelit dan tata
surya
·
Menentukan posisi planet-planet dalam tata surya
|
D. Tujuan Pembelajaran
Kelas
V
|
Kelas
VI
|
Setelah mengikuti proses pembelajaran peserta
didika diharapakan dapat : meng-identifikasi sifat-sifat bangun datar trapesium;
mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar
jajar genjang; mengidentifikasi
sifat-sifat bangun datar belah ketupat; mengidentifikasi sifat-sifat bangun datar layang-layang;
mengiden-tifikasi sifat-sifat bangun datar
lingkaran; menggambar
bangun datar trapesium; menggambar bangun datar jajar genjang; menggambar bangun datar belah ketupat;
menggambar bangun datar layang-layang;
dan menggambar bangun datar lingkaran.
|
Setelah mengikuti proses pembelajaran,
Peserta didik diharapkan dapat menjelaskan susunan tata surya; mengenali
planet-planet yang beredar mengelilingi matahari; mengurutkan nama-nama
planet dalam sistem tata surya; mendiskripsikan peredaran planet-planet di dalam
tata surya; menginformasikan planet-planet yang mempunyai satelit;
menjelaskan sifat-sifat planet/ satelit dan tata surya; menentukan posisi
planet-planet dalam tata surya.
|
E. Pendidikan Karakter Bangsa yang Diharapkan
Kelas
V
|
Kelas
VI
|
Ketelitian, Kerja
sama, Berani, Kerja keras dan
Bersahabat (Komunikatif)
|
Jujur, disiplin, kerja keras, kreatif,
mandiri, rasa ingin tahu, dan komunikatif
|
F.
Materi
Pembelajaran
Kelas V
Bangun Datar dan Sifat-sifatnya
Kelas VI
Bumi dan Alam Semesta
Tata Surya
G. Metode Pembelajaran
Kelas V
Metode : Ekspositori,
Demonstrasi,Tanya jawab, Diskusi
Pendekatan : Contextual Teaching and Learning
Model : -
Kelas VI
Metode : Ekspositori,
Tanya Jawab, Diskusi, Demonstrasi, Penugasan
Pendekatan : cooperative
learning, CTL (contextual teaching and learning)
Model : Jigsaw
H. Langkah-langkah Pembelajaran
NO
|
Kelas
V
|
Kelas
VI
|
Alokasi
Waktu
|
1.
|
Kegiatan Awal
|
10 Menit
|
|
a.
Memberikan
motivasi, serta mengkondisikan Peserta didikuntuk mengikuti pembelajaran
b.
Menjelaskan
tujuan pembelajaran
c.
Appersepsi:
Mengajukan pertanyaan kepada Kelas V mengenai kemampuan awal siswa tentang bangun
datar, yaitu:
1)
Apa itu
bangun datar?
2)
Sebutkan
contoh-contoh bangun datar?
d.
Appersepsi:
Mengajukan pertanyaan kepada Kelas VI mengenai kemampuan awal siswa tentang tata
surya, yaitu:
3)
Siapa yang
sering melihat matahari?
4)
Darimanakah
matahari terbit?
5)
Di planet
apakah kita tinggal?
|
|||
2.
|
Kegiatan Inti
|
40 Menit
|
|
a.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi:
1)
Siswa
menjelaskan mengenai konsep bangun datar jajargenjang yang diketahui
2)
Guru pun
mengomentari jawaban siswa dan menjelaskan bahwa bangun datar jajargenjang
3)
Siswa
diberikan kesempatan untuk membuat bangun datar jajargenjang di papan tulis
4)
Siswa
menjelaskan mengenai sifat-sifat bangun datar jajargenjang
5)
Guru pun
menunjukkan gambar bangun datar jajargenjang dan meminta siswa untuk
menyebutkan kembali sifat-sifat bangun datar tersebut
6)
Guru
mengomentari jawaban siswa dan memberikan penguatan berupa pujian
|
a.
Eksplorasi
Dalam
kegiatan eksplorasi:
1)
Guru
memperlihatkan gambar sistem tata surya dan mengajak siswa untuk bernyanyi:
Tata Surya
(Nada: Potong
Bebek)
Merkurius Venus Bumi Mars Yupiter (2X)
Saturnus Uranus (2X)
Neptunus itu nama-nama planet
2)
Siswa
mengamati gambar sistem tata surya
3)
Siswa
menyebutkan nama-nama planet yang telah dinyanyikan dengan menunjukkan gambar
|
||
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi:
1)
Siswa dibagi
menjadi 3 kelompok yang masing-masing terdiri dari 4-5 orang
2)
Selanjutnya
guru membagikan Lembar Kerja Siswa Kelompok
3)
Guru
membimbing siswa dalam mengerjakan tugas dari guru
4)
Guru
mengkondisikan setiap kelompok agar dapat bekerjasama dalam mengerjakan
tugasnya
5)
Jika sudah
selesai, setiap kelompok diminta untuk menuliskan kesimpulannya mengenai
konsep bangun datar trapeium, jajargenjang, belah ketupat, layang-layang dan
lingkaran berdasarkan sifat-sifatnya yang telah mereka identifikasi
6)
Selanjutnya
guru meminta siswa untuk menukarkan hasil pekerjaan kelompoknya dan
mengkoreksi hasil pekerjaan temannya dengan bimbingan guru
7)
Siswa diminta
untuk mengumpulkan hasil pekerjaannya dan guru pun memberikan nilai bagi
setiap kelompok siswa
8)
Guru pun
bertanya kembali kepada siswa mengenai cara menggambar bangun datar
jajargenjang
9)
Guru
mengomentari jawaban siswa dan menjelaskan bahwa untuk menggambar bangun
datar jajargenjang, layang-layang dan lingkaran
10) Guru pun menugaskan kepda setiap siswa untuk menggambar bangun
jajargenjang, layang-layang dan lingkaran sesuai dengan langkah-langkah yang
dijelaskan guru
11) Untuk menyegarkan suasana guru menyerukan yel-yel dan memberikan
ice breaking
|
b.
Elaborasi
Dalam
kegiatan elaborasi:
1)
Guru membagi
siswa ke dalam 4 kelompok besar (kelompok asal)
2)
Setiap
kelompok asal memegang nomor dari 1-5
3)
Guru meminta
siswa dari kelompok asal untuk bergabung dengan teman dari kelompok lain yang
mempunyai nomor yang sama.
4)
Siswa yang
berkelompok sesuai dengan nomor yang diberikan guru disebut kelompok ahli.
5)
Setiap
kelompok ahli diberi tugas oleh guru untuk membahas sebuah planet yang
ditunjuk berdasarkan nomor urut planet.
6)
Siswa dalam
kelompok ahli membahas sebuah planet yang ditugaskan oleh guru.
7)
Guru meminta
perwakilan kelompok ahli untuk tampil ke depan berperan sebagai planet yang
dibahasnya, dan guru sebagai matahari juga pusat tata surya.
8)
Guru bersama
siswa membuat lintasan planet, dan perwakilan kelompok ahli berdiri di
lintasan planet yang mereka bahas, sesuai urutan nama planet.
9)
Guru yang
berperan sebagai matahari memberi contoh kepada siswa untuk menjelaskan
materi tentang matahari
10) Guru meminta perwakilan dari kelompok ahli untuk membahas materinya
di depan sambil diperagakan oleh model yang di tunjuk.
11) Guru meminta siswa untuk kembali ke kelompok asal.
12) Guru membagikan lembar kerja kelompok kepada setiap kelompok
asal.
13) Guru membahas hasi diskusi kelompok siswa.
|
||
c.
Konfirmasi
Dalam
Kegiatan Konfirmasi:
1)
Guru mengulas
kembali secara singkat materi yang kurang dipahami siswa mengenai sifat-sifat
bangun datar jajargenjang, belah ketupat, layang-layang dan lingkaran serta
cara menggambarnya
2)
Siswa
diberikan kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dipahami siswa
3)
Guru menjawab
pertanyaan siswa
|
c.
Konfirmasi
Dalam
kegiatan konfirmasi:
1)
Guru
memberikan kesempatan kepada Peserta didikuntuk bertanya mengenai hal-hal
yang belum dipahaminya
2)
Guru
memotivasi Peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajarnya
|
||
3.
|
Kegiatan
Akhir
|
20 Menit
|
|
a.
Guru
memberikan soal evaluasi individu kepada siswa yang dikerjakan secara
individu berkaitan dengan materi pembelajaran hari ini untuk mengetahui
pencapaian indikator (terlampir)
b.
Guru
memeriksa hasil pekerjaan siswa dan memberikan nilai terhadap hasil kerja
siswa yang sudah dikoreksi
c.
Guru bersama
Peserta didik membuat catatan/rangkuman
d.
Guru
memberikan tindak lanjut berupa pekerjaan rumah (terlampir)
e.
Guru
menginformasikan materi ajar berikutnya yaitu mengenai sifat-sifat bangun
ruang
f.
Guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
g.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
a.
Guru
memberikan lembar evaluasi individu kepada siswa
b.
Guru membahas
lembar evaluasi siswa
c.
Guru bersama
Peserta didik bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman siswa
d.
Guru
memberikan penguatan terhadap hasil tugas siswa
e.
Peserta didik
bersama guru menyimpulkan materi pelajaran tentang Bumi dan Alam semesta
(sistem tata surya)
f.
Guru bersama
Peserta didik membuat catatan/rangkuman
g.
Guru
memberikan tindak lanjut, berupa PR
h.
Guru
menginformasikan materi ajar berikutnya yaitu mengenai sifat-sifat bangun
ruang
i.
Guru
melakukan refleksi terhadap kegiatan yang telah dilakukan
j.
Guru menutup
pelajaran dengan berdoa bersama
|
I.
Penilaian
Jenis Penilaian : Tes, tugas kelompok, tugas mandiri
terstruktur
Bentuk Penilaian : performance, lembar observasi
Instrumen Penilaian :
Lembar kerja kelompok, Lembar evaluasi, Lembar Observasi
J.
Tindak
Lanjut
Kelas V
Tugas Mandiri Terstruktur
Buatlah berbagai jenis bangun datar pada sebuah karton!
Kelas VI
Tugas Mandiri Terstruktur
“Gambarlah sistem tata surya pada sebuah
karton!”
K. Alat/Sumber Belajar
Kelas V
1.
KTSP
2.
Buku Paket
“Gemar Matematika 5” Untuk SD Kelas 5, Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas,
Tahun 2008.
3.
Buku Paket
“Matematika 5” Untuk SD Kelas 5, Penerbit Pusat Perbukuan Depdiknas, Tahun
2008.
4.
Gambar
Kelas VI
1.
KTSP
2.
Heri
Sulistyanto. 2008. Ilmu Pengetahuan Alam 6: Untuk Sd Dan Mi Kelas VI. Jakarta
:Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
3.
S. Rositawaty.2008.
Senang Belajar Ilmu Pengetahuan Alam 6: Untuk Kelas VI Sekolah Dasar/ Madrasah
Ibtidaiyah. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
4.
Yayat Ibayati.
2008. Ilmu Pengetahuan Alam: SD/MI Kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
5.
Dwi Suhartanti.
2008. Ilmu Pengtahuan Alam untuk SD/MI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
6.
Sularmi. 2009.
SAINS: IPA untuk SD/MI kelas VI. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen
Pendidikan Nasional.
7.
Dianing Pratiwi.
2012. Raja Soal dengan Nilai Sempurna Kelas 6 SD/MI. Jakarta: JAL Publishing
Mengetahui:
Kepala
Sekolah
Pepen
Supendi,S.Pd
NIP.
195612111979121002
|
Sukabumi,
28 April 2016
Mahasiswa,
Hesti
Daryadi
NIM.
825 210 948
|
|
Menyetujui:
Tutor,
Drs.
Aang Zaenudin, M.M.Pd
NIP.
19670415 1997021002
|
Comments
Post a Comment