APKG 1 dan 2 Pembelajaran Terpadu
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN
TERPADU
1. NAMA GURU
/ MAHASISWA : HESTI DARYADI
2. NIM : 825 210 948
3. TEMPAT
MENGAJAR : SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4. KELAS /
SEMESTER : VI (Enam) / II (Dua)
5. MATA
PELAJARAN : 1.
2.
3.
6. TEMA :
7. WAKTU :
8. TANGGAL :
|
PETUNJUK
Baca
dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa.
Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan
menggunakan butir penilaian di bawah ini.
1.
|
Menentukan tema, bahan
pembelajaran
|
||||||||||||||
dan merumuskan
tujuan/indikator
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||||||
1.1
|
Kesesuaian tema penghubung
dengan kompetensi
|
|
|
|
|
|
|||||||||
dasar 3 mata pelajaran
|
|||||||||||||||
1.2
|
Menggunakan bahan
pembelajaran yang sesuai
|
|
|
|
|
|
|||||||||
dengan Standar Isi dan
Kompetensi
|
|||||||||||||||
1.3
|
Merumuskan
tujuan/indikator
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Rata-rata butir 1 = A
|
|
||||||||||||||
2.
|
Mengembangkan dan
mengorganisasikan
|
||||||||||||||
materi, media
pembelajaran, dan sumber belajar
|
|||||||||||||||
2.1
|
Mengembangkan dan
mengorganisasikan materi
|
|
|
|
|
|
|||||||||
dari 3 mata pelajaran
|
|||||||||||||||
2.2
|
Menentukan dan
mengembangkan alat
|
|
|
|
|
|
|||||||||
bantu/media
pembelajaran
|
|||||||||||||||
2.3
|
Memilih sumber belajar
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Rata-rata butir 2 = B
|
|
||||||||||||||
3.
|
Merencanakan skenario
kegiatan
|
||||||||||||||
pembelajaran terpadu
|
|||||||||||||||
3.1
|
Menentukan jenis
kegiatan pembeljaran Terpadu
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3.2
|
Menyusun
langkah-langkah pembelajaran Terpadu
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3.3
|
Menentukan alokasi
waktu pembelajaran Terpadu
|
|
|
|
|
|
|||||||||
3.4
|
Menentukan cara-cara
memotivasi siswa
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Rata-rata butir 3 = C
|
|
||||||||||||||
|
|||||||||||||||
4.
|
Merancang pengelolaan
kelas
|
||||||||||||||
Menentukan cara-cara
pengorganisasian siswa
|
|
|
|
|
|
||||||||||
agar dapat berpartisipasi
dalam pembelajaran Terpadu
|
|||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = D
|
|
||||||||||||||
|
|||||||||||||||
5.
|
Merencanakan prosedur,
jenis, dan
|
||||||||||||||
menyiapkan alat
penilaian
|
|||||||||||||||
5.1
|
Menentukanm prosedur
dan jenis penilaian
|
|
|
|
|
|
|||||||||
5.2
|
Membuat alat-alat
penilaian dan kunci jawaban
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Rata-rata butir 5 = E
|
|
||||||||||||||
|
|||||||||||||||
6.
|
Tampilan dokumen
rencana pembelajaran
|
||||||||||||||
terpadu
|
|||||||||||||||
6.1
|
Kebersihan dan
kerapian
|
|
|
|
|
|
|||||||||
6.2
|
Penggunaan bahasa
tulis
|
|
|
|
|
|
|||||||||
Rata-rata butir 6 = F
|
|
||||||||||||||
|
|||||||||||||||
7.
|
Tampilan Lembar Peta
Jaring-jaring Tematik
|
||||||||||||||
Kreativitas tampilan
Peta Jaring-jaring Tematik
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Rata-rata butir 7 = G
|
|
Nilai APKG 1 = R
R
=
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Pepen
Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002
|
|
Sukabumi, April 2016
Teman Sejawat,
Dedeh
Julaeha,S.Pd
NIP................................
|
|
Menyetujui:
Tutor,
Drs. Ecep Suriat,M.M.Pd
NIP. 196511161986101003
|
|
ALAT
PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR
PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN
TERPADU
1.
NAMA GURU /
MAHASISWA : HESTI DARYADI
2.
NIM : 825 210 948
3.
TEMPAT
MENGAJAR : SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4.
KELAS /
SEMESTER : VI (Enam) / II (Dua)
5.
MATA PELAJARAN : 1.
2.
3.
6.
TEMA :
7.
WAKTU :
8.
TANGGAL :
|
PETUNJUK
1.
Amatilah dengan
cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.
Pusatkan
perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya
pada diri siswa
3.
Nilaila kemampuan
guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4. Khusus
untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang
sedang diajarkan
1.
|
Melakukan pembelajaran
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||||||||||
a.
|
Melaksanakan tugas
rutin kelas
|
|
|
|
|
|
||||||||||
b.
|
Memulai kegiatan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
||||||||||
c.
|
Menggunakan ragam
kegiatan yang sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
kemampuan/tujuan/ indikator,
siswa, situasi,
|
||||||||||||||||
& lingkungan
|
||||||||||||||||
d.
|
Melaksanakan kegiatan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
||||||||||
secara individual,
kelompok, atau klasikal
|
||||||||||||||||
e.
|
Menggunakan sumber
belajar yang sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
kemampuan/tujuan, siswa,
situasi, dan lingkungannya
|
||||||||||||||||
f.
|
Menggunakan media
belajar yang sesuai dengan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
tujuan, siswa, situasi,
dan lingkungan
|
||||||||||||||||
g.
|
Menggunakan waktu
pembelajaran secara efisien
|
|
|
|
|
|
||||||||||
h.
|
Mengakhiri kegiatan
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Rata-rata butir 1 = P
|
|
|||||||||||||||
2.
|
Mengelola interaksi
kelas
|
|||||||||||||||
a.
|
Menunjukkan perhatian
serta sikap bersahabat,
|
|
|
|
|
|
||||||||||
terbuka, dan penuh perhatian
kepada siswa
|
||||||||||||||||
b.
|
Memicu dan memelihara
keterlibatan siswa
|
|
|
|
|
|
||||||||||
c.
|
Melakukan komunikasi
secara efektif
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Rata-rata butir 2 = Q
|
|
|||||||||||||||
3.
|
Mendemonstrasikan
kemampuan khusus dalam
|
|||||||||||||||
pembelajaran terpadu
untuk 3 mata pelajaran tertentu
|
||||||||||||||||
secara bersamaan (isi yang
sesuai dengan RP
|
||||||||||||||||
Pembelajaran Terpadu yang
sedang dinilai)
|
||||||||||||||||
a.
|
Bahasa Indonesia
|
|||||||||||||||
1)
|
Mendemonstrasikan
penguasaan materi
|
|
|
|
|
|
||||||||||
bahasa Indonesia
|
||||||||||||||||
2)
|
Memberikan latihan
ketrampilan berbahasa
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3)
|
Mengembangkan kemampuan
siswa untuk
|
|
|
|
|
|
||||||||||
berkomunikasi dan
bernalar
|
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3a = R
|
|
|||||||||||||||
b.
|
Matematika
|
|||||||||||||||
1)
|
Menanamkan konsep
matematika melalui
|
|
|
|
|
|
||||||||||
kegiatan manipulatif
|
||||||||||||||||
2)
|
Menguasai simbol-simbol
matematika
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3)
|
Memberikan latihan
penggunaan konsep matematika
|
|
|
|
|
|
||||||||||
dalam kehidupan
sehari-hari
|
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3b = R
|
|
|||||||||||||||
c.
|
IPA
|
|||||||||||||||
1)
|
Mendemonstrasikan pembelajaran
IPA melalui
|
|
|
|
|
|
||||||||||
pengalaman langsung
|
||||||||||||||||
2)
|
Meningkatkan
keterlibatan siswa melalui
|
|
|
|
|
|
||||||||||
pengalaman langsung
|
||||||||||||||||
3)
|
Menampilkan penguasaan
IPA
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Rata-rata butir 3c = R
|
|
|||||||||||||||
d.
|
IPS
|
|||||||||||||||
1)
|
Mengembangkan
pemahaman konsep waktu
|
|
|
|
|
|
||||||||||
2)
|
Mengembangkan
pemahaman konsep ruang
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3)
|
Mengembangkan
pemahaman konsep kelangkaan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
(scarcity)
|
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3d = R
|
|
|||||||||||||||
e.
|
PKn
|
|||||||||||||||
1)
|
Ketepatan menggunakan
istilah-istilah khusus dan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
konsep dalam
Pendidikan Kewarganegaraan
|
||||||||||||||||
2)
|
Penguasaan materi
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
3)
|
Menerapkan konsep
Pendidikan Kewarganegaraan
|
|
|
|
|
|
||||||||||
dalam kehidupan sehari-hari
|
||||||||||||||||
Rata-rata butir 3e = R
|
|
|||||||||||||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
4.
|
Melaksanakan penilaian
proses dan hasil belajar
|
|||||||||||||||
a.
|
Melaksanakan penilaian
selama proses
|
|
|
|
|
|
||||||||||
pembelajaran
|
||||||||||||||||
b.
|
Melaksanakan penilaian
hasil belajar pada akhir
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Pembelajaran
|
||||||||||||||||
Rata-rata butir 4 = S
|
|
|||||||||||||||
|
||||||||||||||||
5.
|
Kesan umum pelaksanaan
pembelajaran
|
|||||||||||||||
a.
|
Peka terhadap
kemampuan berbahasa
|
|
|
|
|
|
||||||||||
b.
|
Penampilan guru dalam
pembelajaran
|
|
|
|
|
|
||||||||||
c.
|
Keefektifan
pembelajaran terpadu
|
|
|
|
|
|
||||||||||
Rata-rata butir 5 = T
|
|
|||||||||||||||
Catatan
singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam
pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.
|
Nilai APKG 2 = K
K
=
|
Mengetahui:
Kepala Sekolah,
Pepen
Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002
|
|
Sukabumi, April 2016
Teman Sejawat,
Dedeh
Julaeha,S.Pd
NIP................................
|
|
Menyetujui:
Tutor,
Drs. Ecep Suriat,M.M.Pd
NIP. 196511161986101003
|
|
LEMBAR PENILAIAN
SIMULASI PEMBELAJARAN TERPADU
IDENTITAS
1.
NAMA MAHASISWA : HESTI
DARYADI
2.
NIM : 825210948
3.
MATA PELAJARAN : 1.
2.
3.
4.
TEMA :
5.
KELAS/SEMESTER :
ASPEK YANG DIAMATI
|
SKALA PENILAIAN
|
WAKTU TAMPILAN
|
||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
||
A. PENDAHULUAN/KEGIATAN
AWAL
|
|
|
|
|
|
|
1. Menarik
perhatian/motivasi
|
|
|
|
|
|
|
2. Memberikan acuan
|
|
|
|
|
|
|
3. Membuat kaitan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata KW : N1+N2+N3
3
|
||||||
B. PENYAJIAN/KEGIATAN
INTI
|
|
|
|
|
|
|
1. Penjelasan
konsep/data/fakta/prinsip dengan
contoh/ilustrasi/demonstrasi
|
|
|
|
|
|
|
2. Tanya jawab/pemberian
penguatan
|
|
|
|
|
|
|
3. Pemberian
tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses
|
|
|
|
|
|
|
4. Ada supervisi saat
siswa diberi tugas dan balikan
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata KW : N1+N2+N3+N4
4
|
||||||
C. PENUTUP/KEGIATAN AKHIR
|
|
|
|
|
|
|
1. Peninjauan kembali
|
|
|
|
|
|
|
2. Evaluasi hasil
belajar/pemberian tindak lanjut
|
|
|
|
|
|
|
Rata-rata KW : N1+N2
2
|
Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku
mahasiswa yang terekam :
|
Sukabumi, 2016
Pengamat
/ tutor
Drs.
Ecep Suriat,M.M.Pd
NIP.
196511161986101003
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH
MELAKUKAN PEMBELAJARAN
Nama Mahasiswa : HESTI DARYADI
NIM : 825 210 948
Program Studi : S1 PGSD
UPBJJ : Bogor
Refleksi
Komponen
1.
Bagaimana cara saya memilih tema
dalam Pembelajaran Terpadu?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
2.
Apa yang saya rasakan saat
melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas saya sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
3.
Masalah atau kendala apa yang
saya alami saat melakukan praktik Pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
4.
Bagaimana reaksi atau kesan siswa
saya pada saat saya melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
5.
Apa komentar atau saran teman
sejawat terhadap penampilan saya saat praktik melaksanakan pembelajaran?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
Comments
Post a Comment