APKG 1 dan 2 Pembelajaran Terpadu


ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 1)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU

1.      NAMA GURU / MAHASISWA          :    HESTI DARYADI
2.      NIM                                                    :    825 210 948
3.      TEMPAT MENGAJAR                       :    SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4.      KELAS / SEMESTER                          :    VI (Enam) / II (Dua)
5.      MATA PELAJARAN                          :    1.
                                                                2.
                                                                3.
6.      TEMA                                                 :   
7.      WAKTU                                             :   
8.      TANGGAL                                         :   

PETUNJUK
Baca dengan cermat rencana pembelajaran terpadu yang akan dgunakan oleh guru/mahasiswa. Kemudian, nilailah semua aspek yang terdapat dalam rencana tersebut dengan menggunakan butir penilaian di bawah ini.

1.
Menentukan tema, bahan pembelajaran
dan merumuskan tujuan/indikator
1
2
3
4
5
1.1
Kesesuaian tema penghubung dengan kompetensi





dasar 3 mata pelajaran
1.2
Menggunakan bahan pembelajaran yang sesuai





dengan Standar Isi dan Kompetensi
1.3
Merumuskan tujuan/indikator





Rata-rata butir 1 = A

2.
Mengembangkan dan mengorganisasikan
materi, media pembelajaran, dan sumber belajar
2.1
Mengembangkan dan mengorganisasikan materi





dari 3 mata pelajaran
2.2
Menentukan dan mengembangkan alat





bantu/media pembelajaran
2.3
Memilih sumber belajar





Rata-rata butir 2 = B

3.
Merencanakan skenario kegiatan
pembelajaran terpadu
3.1
Menentukan jenis kegiatan pembeljaran Terpadu





3.2
Menyusun langkah-langkah pembelajaran Terpadu





3.3
Menentukan alokasi waktu pembelajaran Terpadu





3.4
Menentukan cara-cara memotivasi siswa





Rata-rata butir 3 = C


4.
Merancang pengelolaan kelas
Menentukan cara-cara pengorganisasian siswa





agar dapat berpartisipasi dalam pembelajaran Terpadu
Rata-rata butir 4 = D


5.
Merencanakan prosedur, jenis, dan
menyiapkan alat penilaian
5.1
Menentukanm prosedur dan jenis penilaian





5.2
Membuat alat-alat penilaian dan kunci jawaban





Rata-rata butir 5 = E


6.
Tampilan dokumen rencana pembelajaran
terpadu
6.1
Kebersihan dan kerapian





6.2
Penggunaan bahasa tulis





Rata-rata butir 6 = F


7.
Tampilan Lembar Peta Jaring-jaring Tematik
Kreativitas tampilan Peta Jaring-jaring Tematik





Rata-rata butir 7 = G


Nilai APKG 1 = R
R =  
                
R =  Rata-rata butir








Mengetahui:
Kepala Sekolah,



Pepen Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002

Sukabumi,       April 2016
Teman Sejawat,



Dedeh Julaeha,S.Pd
NIP................................

Menyetujui:
Tutor,



Drs. Ecep Suriat,M.M.Pd
NIP. 196511161986101003

ALAT PENILAIAN KEMAMPUAN GURU (APKG 2)
LEMBAR PENILAIAN KEMAMPUAN MERENCANAKAN
PEMBELAJARAN TERPADU

1.      NAMA GURU / MAHASISWA      :    HESTI DARYADI
2.      NIM                                                   :    825 210 948
3.      TEMPAT MENGAJAR                    :    SD NEGERI 2 CIDADAP KEC. SUKARAJA
4.      KELAS / SEMESTER                       :    VI (Enam) / II (Dua)
5.      MATA PELAJARAN                       :    1.
                                                                2.
                                                                3.
6.      TEMA                                                :   
7.      WAKTU                                            :   
8.      TANGGAL                                        :   

PETUNJUK
1.        Amatilah dengan cermat pembelajaran yang sedang berlangsung
2.        Pusatkan perhatian Anda pada kemampuan guru dalam mengelola pembelajaran serta dampaknya pada diri siswa
3.        Nilaila kemampuan guru tersebut dengan menggunakan butir-butir penilaian di bawah ini
4.       Khusus untuk butir 3, yaitu mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam pembelajaran yang sedang diajarkan

1.
Melakukan pembelajaran
1
2
3
4
5
a.
Melaksanakan tugas rutin kelas





b.
Memulai kegiatan pembelajaran





c.
Menggunakan ragam kegiatan yang sesuai dengan





kemampuan/tujuan/ indikator, siswa, situasi,
& lingkungan
d.
Melaksanakan kegiatan pembelajaran





secara individual, kelompok, atau klasikal
e.
Menggunakan sumber belajar yang sesuai dengan





kemampuan/tujuan, siswa, situasi, dan lingkungannya
f.
Menggunakan media belajar yang sesuai dengan





tujuan, siswa, situasi, dan lingkungan
g.
Menggunakan waktu pembelajaran secara efisien





h.
Mengakhiri kegiatan pembelajaran





Rata-rata butir 1 = P

2.
Mengelola interaksi kelas
a.
Menunjukkan perhatian serta sikap bersahabat,





terbuka, dan penuh perhatian kepada siswa
b.
Memicu dan memelihara keterlibatan siswa





c.
Melakukan komunikasi secara efektif





Rata-rata butir 2 = Q

3.
Mendemonstrasikan kemampuan khusus dalam
pembelajaran terpadu untuk 3 mata pelajaran tertentu
secara bersamaan (isi yang sesuai dengan RP
Pembelajaran Terpadu yang sedang dinilai)
a.
Bahasa Indonesia
1)
Mendemonstrasikan penguasaan materi





bahasa Indonesia
2)
Memberikan latihan ketrampilan berbahasa





3)
Mengembangkan kemampuan siswa untuk





berkomunikasi dan bernalar
Rata-rata butir 3a = R

b.
Matematika
1)
Menanamkan konsep matematika melalui





kegiatan manipulatif
2)
Menguasai simbol-simbol matematika





3)
Memberikan latihan penggunaan konsep matematika





dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 3b = R

c.
IPA
1)
Mendemonstrasikan pembelajaran IPA melalui





pengalaman langsung
2)
Meningkatkan keterlibatan siswa melalui





pengalaman langsung
3)
Menampilkan penguasaan IPA





Rata-rata butir 3c = R

d.
IPS
1)
Mengembangkan pemahaman konsep waktu





2)
Mengembangkan pemahaman konsep ruang





3)
Mengembangkan pemahaman konsep kelangkaan





 (scarcity)
Rata-rata butir 3d = R

e.
PKn
1)
Ketepatan menggunakan istilah-istilah khusus dan





konsep dalam Pendidikan Kewarganegaraan
2)
Penguasaan materi Pendidikan  Kewarganegaraan





3)
Menerapkan konsep Pendidikan Kewarganegaraan





dalam kehidupan sehari-hari
Rata-rata butir 3e = R

















4.
Melaksanakan penilaian proses dan hasil belajar
a.
Melaksanakan penilaian selama proses





pembelajaran
b.
Melaksanakan penilaian hasil belajar pada akhir





Pembelajaran
Rata-rata butir 4 = S


5.
Kesan umum pelaksanaan pembelajaran
a.
Peka terhadap kemampuan berbahasa





b.
Penampilan guru dalam pembelajaran





c.
Keefektifan pembelajaran terpadu





Rata-rata butir 5 = T


Catatan singkat pengamat tentang kekuatan dan kelebihan kemampuan mengajar guru dalam pembelajaran terpadu, serta saran perbaikan.





Nilai APKG 2 = K
K = 
                
K =  Rata-rata butir





                                                                                                 



  
Mengetahui:
Kepala Sekolah,



Pepen Supendi,S.Pd
NIP. 195612111979121002

Sukabumi,       April 2016
Teman Sejawat,



Dedeh Julaeha,S.Pd
NIP................................

Menyetujui:
Tutor,



Drs. Ecep Suriat,M.M.Pd
NIP. 196511161986101003





LEMBAR PENILAIAN SIMULASI PEMBELAJARAN TERPADU


IDENTITAS
1.    NAMA MAHASISWA    :    HESTI DARYADI
2.    NIM                                   :    825210948
3.    MATA PELAJARAN      :    1.
                                                    2.         
                                                    3.         
4.    TEMA                               :   
5.    KELAS/SEMESTER        :   

ASPEK YANG DIAMATI
SKALA PENILAIAN
WAKTU TAMPILAN
1
2
3
4
5
A.  PENDAHULUAN/KEGIATAN AWAL






1.      Menarik perhatian/motivasi






2.      Memberikan acuan






3.      Membuat kaitan






Rata-rata KW : N1+N2+N3
                             3
B.  PENYAJIAN/KEGIATAN INTI






1.      Penjelasan konsep/data/fakta/prinsip dengan  contoh/ilustrasi/demonstrasi






2.      Tanya jawab/pemberian penguatan






3.      Pemberian tugas/latihan secara individual/kelompok/evaluasi proses






4.      Ada supervisi saat siswa diberi tugas dan balikan






Rata-rata KW : N1+N2+N3+N4
                                4
C.  PENUTUP/KEGIATAN AKHIR






1.      Peninjauan kembali






2.      Evaluasi hasil belajar/pemberian tindak lanjut






Rata-rata KW : N1+N2
                         2


Komentar tambahan untuk setiap aspek perilaku mahasiswa yang terekam :




                                                                                           Sukabumi,                  2016
                                                                                           Pengamat / tutor


                                                                                          
                                                                                           Drs. Ecep Suriat,M.M.Pd
                                                                                           NIP. 196511161986101003
LEMBAR REFLEKSI
SETELAH MELAKUKAN PEMBELAJARAN


Nama Mahasiswa                 :    HESTI DARYADI
NIM                                     :    825 210 948
Program Studi                      :    S1 PGSD
UPBJJ                                  :    Bogor


Refleksi Komponen

1.    Bagaimana cara saya memilih tema dalam Pembelajaran Terpadu?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

2.    Apa yang saya rasakan saat melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas saya sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

3.    Masalah atau kendala apa yang saya alami saat melakukan praktik Pembelajaran terpadu di kelas saya sendiri?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

4.    Bagaimana reaksi atau kesan siswa saya pada saat saya melakukan praktik Pembelajaran Terpadu di kelas?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................

5.    Apa komentar atau saran teman sejawat terhadap penampilan saya saat praktik melaksanakan pembelajaran?
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
......................................................................................................................................
            

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

RPP Pembelajaran Kelas Rangkap