Pemetaan dan Kisi-kisi Soal

Text Box: 1MEDIA I
PENYUSUNAN KISI-KISI SOAL

Mata Pelajaran                  : Ilmu Pengetahuan Alam                                                                                                           Ujian Tengah Semester
Kelas / Semester             : VI (Enam) /II (Dua)                                                                                                                       Aspek Kognitif : C1 : C2 : C3 =  25 % ; 50 % ; 25 %
Tahun Pelajaran               : 2015 / 2016                                                                                                                                      Tk Kesukaran      : Md : Sd : Sk =  4; 7; 4 ( 25 %; 50 %; 25 % )

ASPEK INTELEKTUAL
TINGKAT KESUKARAN
RAGAM SOAL
JUMLAH
PG
ISIAN
URAIAN
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Jumlah
INGATAN
( C1 )
Mudah
1








1


4
Sedang

2








2

Sukar








1


1
PEMAHAMAN
( C2 )
Mudah
1





1


2


7
Sedang

3








3

Sukar


1





1


2
PENERAPAN
( C 3 )
Mudah






1


1


4
Sedang

1





1


2

Sukar


1








1
JUMLAH
MUDAH
2





2


3


15
SEDANG

6





1


8

SUKAR


2





2


4
JUMLAH
10
-
5
15
SKOR IDEAL
10
-
15
25
                                                                                                                                                                                                                       
MEDIA 2
Text Box: 2DINAS KABUPATEN SUKABUMI
SEKOLAH DASAR NEGERI 2 CIDADAP
KECAMATAN SUKARAJA

PENYEBARAN SOAL
Mata Pelajaran                : Ilmu Pengetahuan Alam                                                                                                                                                            UJIAN TENGAH SEMESTER
Kelas / Semester              : VI (Enam)/II (Dua)                                                                                                                                                                         Tahun Pelajaran : 2015/2016

No
STANDAR KOMPETENSI (SK)
KOMPETENSI DASAR
(KD)
Pilihan Ganda
Isian, Melengkapi, Jawaban Singkat
Uraian
Ingatan
( C 1 )
Pemahaman
( C 2 )
Penerapan
 ( C 3 )
Ingatan
( C 1 )
Pemahaman
( C 2 )
Penerapan
( C 3 )
Ingatan
( C 1 )
Pemahaman
( C 2 )
Penerapan
( C 3 )
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
Md
Sd
Sk
1
7. Mem-praktikan pola penggunaan dan perpindahan energi
7.1        Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat-jungkit, ketapel/model traktor sederhana energi pegas)



























7.2        Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik



























2
8. Mema-hami penting-nya penghematan energi
8.1        Mengidenti-fikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari





























8.2        Membuat suatu karya/ mmodel yang menggunakan energi listrik (bel listrik/ alarm/ model lampu lalu lintas/ kapal terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan rumah



























JUMLAH
Tingkat Kesukaran
         Menjelaskan perhitungan kalender masehi dan kalender hijriah


























Ranah Kognitif









Tes



Keterangan :                                                                      Mengetahui                                                                                                                                                       Sukaraja,   April 2016
C1 =  25%             Md  = 25%                                           Kepala Sekolah,                                                                                                                                                               Guru Kelas,
C2 =  50%             Sd   =  50%                                       
C3 =  25%             Sk   =  25%                                           PEPEN SUPENDI,S.Pd                                                                                                                                     HESTI DARYADI
                                                                                                NIP. 195612111979121002                                                                                                                            NIP.  198706152009022002


KISI-KISI PENYUSUNAN SOAL

Mata Pelajaran          : Ilmu Pengeta            huan Alam                                                                                                                  Untuk Kepentingan   : Ulangan Kenaikkan Kelas
Kls /Smt/Tapel           : VI (Enam) / 2   / 2015-2016                                                                                                             Jumlah Soal                :  10 PG +  5 Uraian                                                                                                                                                    
Kurikulum Acuan       : KTSP

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi  Pokok
Jml Soal
Indikator
No Soal
Btk Soal
Asp  Cog.
TK
Bo
bot
7.     Mempraktikan pola penggunaan dan perpindahan energi
7.1      Melakukan percobaan untuk menyelidiki hbungan antara gaya dan gerak (model jungkat-jungkit, ketapel/model traktor sederhana energi pegas)
Gaya dan gerak

Mampu menyebutkan pengertian gaya
1
PG
C1
MD
1


Mampu menunjukkan pengaruh gaya terhadap gerak benda
2
PG
C2
SD
1


Mampu menentukan hubungan gaya dan gerak
3
PG
C3
SD
1


Mampu menyebutkan akibat dari benda bergerak
36
Uraian
C1
SK
3









7.2      Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik
Perpindahan dan perubahan energi listrik

Mampu mengenali perubahan energi listrik
4
PG
C1
SD
1


Mampu menjelaskan perubahan energi pada suatu benda
5
PG
C2
MD
1


Mampu menjelaskan perubahan yang terjadi pada suatu sumber energi
6
PG
C2
SK
1



Disajikan gambar rangkaian listrik, siswa mampu menentukan lampu yang menyala
37
Uraian
C3
SD
2




Mampu memberi contoh benda-benda beserta bentuk perubahan energinya
38
Uraian
C2
MD
3










8.     Memahami pentingnya penghematan energi
8.1      Mengidenti-fikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari
Penghematan energi

Mampu menentukan kegunaan alat-alat listrik
7
PG
C3
SK
1

Mampu menyebutkan sumber-sumber energi listrik
8
PG
C1
SD
1


Mampu menentukan cara menghemat energi
37
Uraian
C3
MD
3










8.2      Membuat suatu karya/ model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/ alarm/ model lampu lalu lintas/ kapal terbang/ mobil-mobilan/ model penerangan rumah
Karya berteknologi sederhana

Mampu menunjukkan gambar yang rangkaian listrik yang dapat mengalirkan arus listrik
9
PG
C2
SD
1


Mampu menunjukkan gambar yang menunjukkan suatu rangkaian listrik
10
PG
C2
SD
1



Mampu membedakan rangkaian listrik dan rangkaian parallel
38
Uraian
C2
SK
4









                                                                        Mengetahui                                                                                                                                                       Sukaraja,    April 2016
                                                                                                Kepala Sekolah,                                                                                                                                                               Guru Kelas
                                                                                               

PEPEN SUPENDI,S.Pd                                                                                                                                     HESTI DARYADI

                                                                                                NIP. 1956111979121002                                                                                                                 NIP. 1987061520090220

Comments

  1. Great and that i have a swell offer: Does Renovation Increase House Value house renovation

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

Faktor-faktor Pendorong Timbulnya Filsafat Ilmu