Pengertian Manajemen

MANAJEMEN

oleh:
Hesti Daryadi



Balderton (1957) dalam Engkoswara dan Aan Komariah, 2012:6) menjelaskan:  “management is stimulatin, and directing of human effort to utilize effectively materials and facilities to attain an objective. pendapat Balderton ini sejalan dengan pendapat Sapre (2002) dalam Husaini Usman (2014:6) yaitu bahwa manajemen adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan langsung untuk penggunaan sumber daya organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan organisasi. Sedangkan secara etimologis menurut Husaini Usman (2014:5) kata manajemen berasal dari Bahasa Latin, yaitu kata manus yang berarti tangan dan agere artinya melakukan. Sehingga apabila kedua kata tersebut digabungkan akan menjadi manager yang berarti menangani. Selanjutnya Husaini Usaman pun menterjemahkannya dalam Bahasa Inggris menjadi to manager (kata kerja), management (kata benda), dan manager untuk orang yang melakukannya. Sumber lain menjelaskan bahwa kata manajemen diambil dalam bahasa Perancis Kuno yaitu “manajement” artinya seni melaksanakan dan mengatur. (www.seputarpengetahuan.com/2015).
Lebih lanjut Husaini Usman (2014:6) mendefinisikan manajemen dalam arti luas dan sempit. Dalam arti luas manajemen adalah segala kegiatan perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan untuk memberdayakan sumber daya organisasi dalam mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan manajemen dalam arti sempit, sebagai contoh adalah manajemen pada tingkat sekolah/madrasah merupakan kegiatan perencanaan program, pelaksanaan, kepemimpinan, pengawasan, dan sistem informasi sekolah/madrasah. Adapun berikut dijelaskan pengertian manajemen menurut beberapa ahli lainnya:
a.    Hoyle dalam Bush (2000:4) yang dikutip oleh Engkoswara dan Aan Komariah (2010:86) menjelaskan bahwa Management is a continuous process through wich members of an organization seek to coordinate their activities and utilize heir resources in order to fulfil the various task of an organization as efficiently as possible.
b.    Manajemen menurut Parker dalam Stoner & Freeman (2000) yang dikutip oleh Husaini Usman (2014:6)  management is the art of getting things done through people.
c.    Hastrop (1975) dalam Engkoswara dan Aan Komariah (2010:86), bahwa manajemen adalah upaya seseorang untuk mengerahkan dan memberi kesempatan kepada orang lain untuk melaksanakan pekerjaan secara efektif, dan menerima pertanggungjawaban pribadi untuk mencapai pengukuran hasil yang ditetapkan.
d.   Harol Koontz dan Cyril O’Donel dalam  Tim Dosen Administrasi UPI(2014:204) manajemen merupakan usaha mencapai suatu tujuan tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan koordinasi atas sejumlah  aktivitas orang lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan pengendalian.
e.    Sudjana (2000:77) merupakan rangkaian berbagai kegiatan wajar yang dilakukan seseorang berdasarkan norma-norma yang telah ditetapkan dan dalam pelaksanaannya memiliki hubungan dan saling keterkaitan dengan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan oleh orang atau beberapa orang yang ada dalam organisasi dan diberi tugas untuk melaksanakan kegiatan tersebut.
f.     Andrew F. Sirkula dalam  Tim Dosen Administrasi UPI(2014:204) mengemukakan bahwa manajemen pada umumnya dikaitkan dengan aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan, pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau jasa secara efisien.
Dari beberapa konsep manajemen menurut para ahli yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan bahwa manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang berkesinambungan yang meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan memberdayakan seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan agar efektif dan efesien.

Comments

Popular posts from this blog

Evaluasi Pembelajaran di SD PDGK4301

keterkaitan pendidikan kewarganegaraan dengan ips dalam pembelajaran terpadu

RPP Pembelajaran Kelas Rangkap