Pengertian Manajemen
MANAJEMEN
oleh:
Hesti Daryadi
Balderton
(1957) dalam Engkoswara dan Aan Komariah, 2012:6) menjelaskan: “management
is stimulatin, and directing of human effort to utilize effectively materials
and facilities to attain an objective. pendapat Balderton ini sejalan
dengan pendapat Sapre (2002) dalam Husaini Usman (2014:6) yaitu bahwa manajemen
adalah serangkaian kegiatan yang diarahkan langsung untuk penggunaan sumber
daya organisasi secara efektif dan efisien dalam rangka mencapai tujuan
organisasi. Sedangkan secara etimologis menurut Husaini Usman (2014:5) kata manajemen
berasal dari Bahasa Latin, yaitu kata manus
yang berarti tangan dan agere artinya
melakukan. Sehingga apabila kedua kata tersebut digabungkan akan menjadi manager yang berarti menangani. Selanjutnya
Husaini Usaman pun menterjemahkannya dalam Bahasa Inggris menjadi to manager (kata kerja), management (kata benda), dan manager untuk orang yang melakukannya.
Sumber lain menjelaskan bahwa kata manajemen diambil dalam bahasa Perancis Kuno
yaitu “manajement” artinya seni melaksanakan dan mengatur. (www.seputarpengetahuan.com/2015).
Lebih
lanjut Husaini Usman (2014:6) mendefinisikan manajemen dalam arti luas dan
sempit. Dalam arti luas manajemen adalah segala kegiatan perencanaan,
pelaksanaan, dan pengawasan untuk memberdayakan sumber daya organisasi dalam
mencapai tujuan secara efektif dan efisien. Sedangkan manajemen dalam arti
sempit, sebagai contoh adalah manajemen pada tingkat sekolah/madrasah merupakan
kegiatan perencanaan program, pelaksanaan, kepemimpinan, pengawasan, dan sistem
informasi sekolah/madrasah. Adapun berikut dijelaskan pengertian manajemen
menurut beberapa ahli lainnya:
a.
Hoyle dalam Bush
(2000:4) yang dikutip oleh Engkoswara dan Aan Komariah (2010:86) menjelaskan
bahwa Management is a continuous process
through wich members of an organization seek to coordinate their activities and
utilize heir resources in order to fulfil the various task of an organization
as efficiently as possible.
b.
Manajemen
menurut Parker dalam Stoner & Freeman (2000) yang dikutip oleh Husaini
Usman (2014:6) management is the art of getting things done through people.
c.
Hastrop (1975)
dalam Engkoswara dan Aan Komariah (2010:86), bahwa manajemen adalah upaya
seseorang untuk mengerahkan dan memberi kesempatan kepada orang lain untuk
melaksanakan pekerjaan secara efektif, dan menerima pertanggungjawaban pribadi
untuk mencapai pengukuran hasil yang ditetapkan.
d.
Harol Koontz dan
Cyril O’Donel dalam Tim Dosen
Administrasi UPI(2014:204) manajemen merupakan usaha mencapai suatu tujuan
tertentu melalui kegiatan orang lain. Dengan demikian manajer mengadakan
koordinasi atas sejumlah aktivitas orang
lain yang meliputi perencanaan, pengorganisasian, penempatan, pengarahan, dan
pengendalian.
e.
Sudjana
(2000:77) merupakan rangkaian berbagai kegiatan wajar yang dilakukan seseorang
berdasarkan norma-norma yang telah ditetapkan dan dalam pelaksanaannya memiliki
hubungan dan saling keterkaitan dengan lainnya. Hal tersebut dilaksanakan oleh
orang atau beberapa orang yang ada dalam organisasi dan diberi tugas untuk
melaksanakan kegiatan tersebut.
f.
Andrew F.
Sirkula dalam Tim Dosen Administrasi
UPI(2014:204) mengemukakan bahwa manajemen pada umumnya dikaitkan dengan
aktivitas-aktivitas perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, penempatan,
pengarahan, pemotivasian, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang dilakukan
oleh setiap organisasi dengan tujuan untuk mengkoordinasikan berbagai sumber
daya yang dimiliki oleh perusahaan sehingga akan dihasilkan suatu produk atau
jasa secara efisien.
Dari beberapa konsep
manajemen menurut para ahli yang telah dikemukakan, maka dapat disimpulkan
bahwa manajemen merupakan serangkaian kegiatan yang berkesinambungan yang
meliputi kegiatan perencanaan, pelaksanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan
pengambilan keputusan yang dilakukan oleh setiap organisasi dengan
memberdayakan seluruh sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan agar efektif dan efesien.
Comments
Post a Comment